Mudik Pertama Lebaran, Ini Contra Flow-One Way Tol Cikampek

Memasuki H-3 Lebaran Idul Fitri, suasana di gerbang tol Kalikangkung Semarang, pada Rabu pagi, 19 April 2023, terpantau ramai lancar.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Jasa Marga pagi menjelang siang ini memberlakukan one way atau jalur satu arah dan contra flow di ruas tol arah Cikampek. Hal itu dilakukan Jasa Marga untuk mencegah terjadinya kemacetan pada mudik pertama Lebaran Hari Raya Idul FItri 2023.

Usai Libur Lebaran, Pemohon Kartu Kuning di Tangerang Capai 500 Orang per Hari

Melansir akun Twitternya @PTJASAMARGA, pada pukul 10.35 WIB Tol Cikampek kilometer (km) 72 hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414 diberlakukan one way.

"Cikampek km 72-GT Kalikangkung km 414 diberlakukan satu arah (one way), khusus kendaraan yang menuju arah Semarang," tulis Jasa Marga dikutip pada Rabu, 19 April 2023.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Pun, Tol Japek Cikarang Pusat hingga Cikampek turut diberlakukan contra flow, yang mana itu dilakukan untuk memperlancar arus kendaraan.

Tol Tangerang-Merak.

Photo :
  • VIVA/Sherly-Istimewa
Penumpang KAI Tembus 3,36 Juta saat Angkutan Lebaran 2024, Naik 18 Persen

"Tol Japek Cikarang Pusat KM 36+800-Cikampek Km 70 diberlakukan lajur contra flow/kanan, harap tertib di antrean," jelasnya.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan rekayasa lalu lintas contra flow pada dua lajur dari kilometer (km) 47 sampai dengan Km 70 Gerbang Tol Jakarta Cikampek pada Selasa, 18 April 2023, pukul 22.30 WIB untuk mengurai kepadatan arus mudik.

"Untuk mengurai kepadatan pada ruas tol Jakarta-Cikampek, maka telah dilakukan rekayasa lalu lintas contra flow dua lajur dari km 47 sampai dengan km 70 gerbang tol Jakarta-Cikampek pada pukul 22.30 WIB," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangannya pada Selasa.

Firman mengatakan, berdasarkan pantauan Korlantas Polri pada pukul 22.00 WIB, arus lalu lintas dari Jabodetabek ke arah Timur mulai padat. Sumber arus dari arah barat pada lokasi Tomang, Semanggi, JORR dari arah Pondok Indah dan pertemuan di km 48 elevated telah mengalami peningkatan arus.

Berdasarkan catatan di km 50 A, lanjut Firman, pada tiga jam berturut turut mencapai rata rata 5.200 kendaraan per jam. Sedangkan di Tol Cipali km 190 Palimanan pada tiga jam berturut turut rata rata mencapai 3.400 per jam, dan masuk dalam indikator untuk penerapan one way.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya