Akses Tol Keluar Menuju Cikampek Macet, Jasa Marga Buka Tutup Jalur secara Situasional

(Ilustrasi) Situasi arus mudik lebaran di Pintu Tol Cikampek Utama
Sumber :
  • Jasa Marga

VIVA Nasional – PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JJC) pada H-3 menjelang Lebaran 2023 memberlakukan buka tutup akses masuk menuju ruas layang MBZ secara situasional karena kemacetan yang terjadi pada akses keluar menuju Cikampek.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

GM Operasi dan Pemeliharaan Nur Safitri R. Marioen mengatakan, meski terjadi penutupan di Jalan Layang MBZ pengguna jalan menuju arah Cikampek dapat melalui ruas jalan lainnya.

"Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) melakukan buka tutup pada akses masuk menuju ruas layang MBZ secara situasional. Hal ini dilakukan sebagai dampak kepadatan lalu lintas arus mudik pada akses keluar Km 48+000 menuju Cikampek," kara Nur dalam keterangannya Rabu, 19 April 2023.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Dokumen - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Photo :
  • ANTARA/Ali Khumaini

Nur menjelaskan, untuk ruas jalan yang bisa digunakan para pemudik, yaitu melalui ruas tol Jakarta-Cikampek eksisting. Buka tutup akses diberhentikan jika kepadatan di ruas tol MBZ kembali normal dan atas diskresi Kepolisian, Jalan Layang MBZ dapat kembali dilintasi pengguna jalan, katanya.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Menurutnya, PT JJC bersama Kepolisian sementara menutup akses masuk menuju ruas tol MBZ yaitu akses masuk dari Kalimalang Tol JORR E km 46+200, Akses Jatiasih Tol JORR E km 45+200 dan Akses Tol Jakarta-Cikampek km 10 Arah Cikampek.

"Karena adanya kepadatan lalu lintas pada pertemuan off ramp ruas tol MBZ dan ruas jalan tol Jakarta- Cikampek eksisting pada km 48," ujarnya.

Program mudik gratis Pemprov DKI tahun 2023.

Photo :
  • Instagram @dishubdkijakarta

Dengan demikian, PT JJC menghimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan jaga jarak aman dalam berkendara. Serta patuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya