Momen Dua Menteri Utama Arab Saudi Menjamu Zulhas di Jeddah

Zulhas temui dua Menteri Saudi, Majid Bin Abdullah dan Mohammad bin Abdul Malik
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan memenuhi undangan dari Minister of Trade and Investment atau Mendag Arab Saudi Dr. Majid Bin Abdullah Al-Qasabi untuk berbuka puasa dan sholat magrib di rumah pribadinya, Jeddah,  Selasa malam, 17 April 2023

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Mohammad bin Abdul Malik Al Ash-Shaikh. Jamuan buka puasa yang diterima Zulkifli  Hasan berlangsung penuh kekeluargaan lantaran menghadirkan anak, menantu, dan cucu dari Mendag Arab Saudi Dr. Majid Bin Abdullah Al Qasabi.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist
Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Dalam kesempatan itu, Mendag Zulkifli Hasan, menyampaikan komitmen dari Mendag Arab Saudi Majid Bin Abdullah Al-Qasabi untuk meningkatkan produktivitas perdagangan. Hal ini termasuk mengatasi berbagai masalah ekonomi dan perdagangan kedua negara.

"Mendag Saudi (Majid Bin Abdullah Al-Qasabi)  berkomitmen untuk mengatasi berbagai masalah ekonomi dan perdagangan antara kedua negara," ujar Zulhas dalam keterangannya, Rabu, 19 April 2023.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Dalam 10 bulan terakhir, Zulhas telah bertemu selama 3 kali dengan Mendag Arab Saudi Majid Bin Abdullah Al-Qasabi yakni sejak G20, kunjungan kerja januari 2023 dan terakhir pertemuan di kediaman Mendag Saudi di Jeddah pada tanggal 18 April 2023 ini.

Zulhas menuturkan tindak lanjut tersebut ialah dengan sikap dari Otoritas Makanan dan Obat Saudi atau Saudi Food and Drug Administration (SFDA) yang memberikan pengecualian produk unggas untuk bisa diekspor ke Saudi dengan catatan telah melalui proses pemanasan.

“Pada bulan Mei, SFDA akan melakukan on site inspection ke 8 Unit Pengolahan Ikan Indonesia sehingga produk perikanan Indonesia bisa masuk ke Saudi,” jelas dia.

Sementara itu, Mendag Arab Saudi Dr. Majid Bin Abdullah Al-Qasabi menyampaikan, jika Perdana Menteri Saudi Mohammad Bin Salman (MBS) telah menandatangani persetujuan pembantukan Komite Bilateral Negara Arab Saudi dan Indonesia

“MBS dua hari lalu menyetujui dan menandatangani pembentukan komite Bilateral antara Indonesia dan Saudi yang dipimpin oleh MBS dan Presiden Jokowi yang terdiri dari 4 bidang,” tutur Majid.

Majid menerangkan, ke empat bidang dari komite bilateral Indonesia dan Arab Saudi tersebut terdiri dari politik dan stability keamanan, perdagangan dan investasi, sosial dan kebudayaan hingga keamanan.

“Alhamdulillah, saya yakin Komite ini akan menyelesaikan seluruh hambatan yang ada antar kedua negara, sehingga hubungan Saudi dan Indonesia akan lebih baik dan erat,” tukas Majid.

Mendag RI Zulkifli Hasan bertemu Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah di Al Ula

Photo :
  • Dok. Istimewa

Senada, Menteri Sekretaris Negara Arab Sudi yakni Mohammad bin Abdul Malik Al Ash-Shaikh mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap rencana pertemuan international di Riyadh pada 2024. Rencana pertemuan membahas soal Intellectual property right atau hak kekayaan intelektual.

“Kami berterima kasih karena Indonesia sangat mendukung pelaksanaan pertemuan international tersebut,” pungkas Mohammad

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya