Prakiraan Cuaca Jalur Mudik Pantura-Selatan Jawa Hari Ini: Cerah-Berawan

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di jalur mudik lintas Jawa pada Kamis, 20 April 2023. Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di wilayah yang bakal dilintasi pemudik, baik di tol Cikampek, tol Cipali hingga Trans Jawa maupun di jalur konvensional Pantura terpantau cerah berawan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Bagi Anda yang ingin melaksanakan perjalanan mudik lebaran dari arah Jakarta menuju sejumlah kota di Jawa Tengah maupun Jawa Timur pada hari ini, Kamis, 20 April 2023, ada baiknya ada menyimak prakiraan cuaca terkini yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).  

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di wilayah yang bakal dilintasi pemudik, baik di tol Cikampek, tol Cipali hingga Trans Jawa maupun di jalur konvensional Pantura terpantau cerah berawan.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Untuk prakiraan cuaca di jalan tol Cikampek hingga Cipali untuk pagi sampai sore nanti, menurut prakiraan BMKG, terpantau cerah dengan suhu berkisar 24-34 derajat. Pun dengan tol Merak dilaporkan cerah-berawan. 

Cuaca di tol Purbaleunyi, menuju arah Selatan Jawa mulai Sadang hingga Cileunyi terpantau cerah-berawan. Hujan ringan bakal turun di wilayah Pasteur, Kopo, Padalarang, Pasir Koja dan M Toha pada siang hari. 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Sorot Jalur Mudik - Suasana Jalan Tol Purbaleunyi KM 100, Purwakarta, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sementara itu, untuk jalur-jalur konvensional di sepanjang Pantura Jawa terpantau cerah berawan. Pun dengan jalur Selatan Jawa menuju Yogyakarta hingga Jawa Timur dilaporkan cerah-berawan. 

BMKG tetap memperingatkan bagi warga maupun pemudik untuk mewaspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia pada Kamis.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kemudian, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku.

Lalu, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir waspada potensi banjir rob seiring adanya fenomena fase bulan baru dan gerhana matahari hibrida pada 20 April 2023.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo.

Ia mengemukakan adanya fenomena fase bulan baru dan gerhana matahari hibrida pada tanggal 20 April 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya