Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Idulfitri Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Deli Serdang merayakan idulfitri hari ini
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Nasional – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara melaksanakan salat Idulfitri, 1 Syawal 1444 Hijriah di Pondok Pesantren Darusshofa, Marindal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Kamis pagi, 20 April 2023, pukul 07.30 WIB.

Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah, Nasdem Sumut: Tanpa Mahar

Para jemaah dari berbagai daerah di Medan dan Deli Serdang, berduyun-duyun mendatangi lokasi digelar salat Idulfitri itu. Dalam ibadah salat itu, sebagai imam adalah dan khotib Tuan Nur Zikri.

Untuk diketahui, ada 300-an jemaah hari ini yang mengikuti salat berjemaah di Marindal. Selain di Marindal, salat Id juga digelar di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Perayaan Idulfitri ini, jemaah Naqsabandiyah melaksanakan lebih awal dari ketetapan pemerintah. Karena mereka punya metode penghitungan tersendiri. 

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

“Dalam menentukan satu syawal dan satu Ramadan ditentukan dengan hisab qamariyah. Ini dilakukan di Bandartinggi, Simalungun,” sebut salah seorang jamaah, Syekh Muda Markum kepada wartawan.

Markum menjelaskan penetapan 1 Ramadan hingga 1 Syawal 1444 Hijiriah ini, berdasarkan penghitungan hisab qamariyah dilakukan oleh dewan mursidin dan dewan fatwa.

"Hisab di laksanakan oleh majelis fatwa dan Dewan Mursyidin yang di pimpin oleh Tuan Guru langsung Buya, DR Syekh Muhammad Nur Ali S.Ag M. Hum," kata Markum.

Setelah salat, ada tradisi yang tidak boleh terlewatkan. Para jemaah makan bersama dan saling bermaafan. Suasana makan bersama berlangsung hangat.

Kemudian, kaum ibu-ibu sudah persiapan makan seperti lontong lengkap dengan rendang, hingga kudapan tapai pulut.

Di Indonesia, jumlah jemaah Naqsabandiyah mencapai ratusan ribu orang. Tersebar di sejumlah daerah, mulai dari Sumut, Riau hingga ke beberapa kawasan di Jawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya