Jalur Selatan Jabar via Garut Sudah Dipadati Pemudik

Kepadatan arus lalulintas mudik Lebaran sudah terjadi terjadi di Jalur Selatan Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat.

VIVA Nasional – Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, kepadatan arus lalu lintas terjadi di Jalur Selatan Jawa Barat, tepatnya di Jalur Limbangan-Malangbong Kabupaten Garut. Padatan arus lalu lintas sudah terlihat sejak Rabu 19 April 2023 yang terus meningkat hingga Kamis 20 April 2023.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Kapolres Garut, AKBP Rio Wahyu Anggoro, menyatakan bahwa beberapa rekayasa lalu lintas sudah disiapkan untuk mengatasi padatan arus lalu lintas. Termasuk menyediakan tiga jalur alternatif untuk menguraikan antrean kendaraan.

"Pokoknya kami akan berikan pada layanan yang terbaik bagi para Pemudik, jika ada tersendat 30 menit atau lebih mohon maklum," ujarnya, Kamis 20 April 2023.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Kepadatan arus lalulintas mudik Lebaran sudah terjadi terjadi di Jalur Selatan Jawa Barat.

Photo :
  • VIVA/Diki Hidayat.

Sementara itu hasil pantauan Rabu malam hingga Kamis pagi tadi banyak para pemudik yang memilih melakukan perjalanan pada malam hari. Selain kepadatan arus kendaraan pada malam hari lebih longgar, banyak pengemudi memilih menghindari terik panas matahari pada siang hari.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Ya kalau malam hari lebih adem, gak panas juga, siapa tahu arus kendaraan tak sepadat siang hari,” ungkap Teguh pemudik asal Jawa Tengah.

Untuk mayoritas kendaraan yang melintas di Jalur Limbangan-Malangbong nyaris seimbang antara kendaraan roda dua maupun roda empat. Antrean kendaraan akibat kepadatan kendaraan terpantau mengular dari mulai Sasak Beusi hingga perbatasan Garut-Bandung.

Lonjakan volume kendaraan diperkirakan masih akan terjadi Kamis pagi hingga siang ini. Perlu diketahui beberapa titik kemacetan di Jalur Limbangan-Malangbong ini diantaranya Pasar Limbangan, Persimpangan Leuwigoong, Pasar Lewo  dan Pasar Malangbong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya