Peringatan Dini Tsunami Berakhir, BNPB Minta Warga Tetap Waspada

Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) resmi menyatakan bahwa peringatan dini tsunami telah berakhir pascagempa magnitudo 7,3 yang mengguncang wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

"#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.3, tanggal: 25-Apr-23 03:00:57 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG," tulis update dari Twitter resmi BMKG, @infoBMKG, Selasa, 25 April 2023.

Gempa Garut Terasa hingga Bandung, BMKG: Jenis Menengah dan Tak Berpotensi Tsunami

Meski peringatan dini telah berakhir, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga tetap waspada. Kabar terbaru dari BNPB, sejumlah warga Mentawai juga telah melakukan evakuasi ke wilayah yang lebih aman. 

"Peringatan dini tsunami pascagempabumi M7,3 telah berakhir. Masyarakat diminta tetap waspada. Beberapa warga di Kecamatan Siberut Barat dan Siberut Utara, Kep. Mentawai saat ini memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman," tulis @BNPB_Indonesia.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Seperti diketahui, Gempa berkekuatan 7,3 Magnitudo mengguncang wilayah Nias, Sumatera Utara hingga terasa kuat ke Kota Padang, Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023. Gempa dirasa warga hingga 30 detik. Peringatan dini tsunami pun dikeluarkan pascagempa tersebut, meskipun pada 5.17 WIB kembali dicabut. 

“Gempa terasa kuat dengan guncangan lebih kurang 30 detik,” kata Plt. Kapusdatinkom BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya diterima VIVA.

Muhari menjelaskan skala gempa yang dirasakan dari lantai 5 Hotel Mercure Kota Padang di IV-V MMI membuat dinding berderik, lampu bergoyang dan barang di atas meja terjatuh. 

“Masyarakat keluar rumah, sempat panik tapi terkendali. Saat ini sebagian ada yang evakuasi menjauhi laut,” kata Muhari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya