KAI Obral Tiket Usai Periode Mudik Lebaran 2023, Diskon hingga Rp 100 Ribu

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA Nasional – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero membuka subkelas H, I, dan J pada kelas eksekutif, untuk penjualan tiket periode pascalebaran hingga 3 Mei 2023.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan, subkelas tersebut merupakan subkelas tarif rendah, yang biasa dijual KAI pada periode bukan peak season. Dimana, pelanggan dapat membeli tiket dengan subkelas H, I, dan J, melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket resmi KAI.

"Contohnya, tarif KA Bromo Anggrek relasi Gambir - Surabaya Subkelas A, pada saat peak season berkisar antara Rp 800.000-Rp 1.000.000. Namun jika pelanggan membeli pada harga spesial ini, maka subkelas H, I atau J, tarifnya berkisar Rp 700 ribuan," kata Joni dalam keterangannya, Selasa, 25 April 2023.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Dia menambahkan, KAI membuka penjualan tiket dengan tarif rendah pada periode balik Lebaran ini, adalah untuk memudahkan masyarakat bepergian menggunakan kereta api pada momen arus balik pascalebaran.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Pembukaan subkelas KAI dengan tarif rendah pada arus balik Lebaran ini, juga untuk mendukung himbauan pemerintah agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April 2023 saja.

"Jumlah tempat duduk kereta api pada periode pascalebaran masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian," ujar Joni.

KAI mencatat, pada Lebaran hari pertama dan kedua, peminatnya masih tinggi. Pada hari pertama dan kedua Lebaran atau 22 dan 23 April 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual okupansinya mencapai 100 persen. Rinciannya, hari pertama Lebaran terjual 138.015 tiket dan hari kedua Lebaran terjual 179.849 tiket.

Okupansi pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat cukup tinggi di pascalebaran. Pada periode H+1 sampai H+3 Lebaran atau 24-26 April 2023, rata-rata tiket KA Jarak Jauh yang terjual mencapai 156.017 tiket dengan rata-rata okupansi mencapai 100 persen. Lalu pada periode H+4 sampai H+10 atau tanggal 27 April sampai 3 Mei 2023, tiket KA Jarak Jauh masih cukup banyak tersedia.

"Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya