Ada KTT ASEAN, ASN di Labuan Bajo WFH dan Sekolah Digelar Daring

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.
Sumber :
  • tvOne/ Jo Kenaru/Manggarai Barat-NTT

VIVA Nasional – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2023 diselenggarakan di Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Bentuk Nilai Moral dan Budi Pekerti, Kepala Sekolah dan Guru Binaan Ikut Seminar Motivasi

Sesuai rencana, KTT ASEAN ke-42 ini akan dihadiri oleh kepala negara dan delegasi 11 negara di Asia Tenggara.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat selaku tuan rumah bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Pusat berkomitmen memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran selama berlangsungnya KTT pada 9-11 Mei 2023.

Kasus Siswa SD Terancam Buta karena Gagang Sapu di Jombang, Guru Jadi Tersangka

Sehubungan dengan hal itu maka kegiatan perkantoran dilakukan secara work from home (WFH) serta kegiatan pendidikan secara daring terhitung sejak 3 Mei sampai 13 Mei 2023.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke Labuan Bajo.

Photo :
  • Biro Pers Istana Presiden
14 Sekolah Terima Dukungan Program Pengembangan Esports

Ketentuan pelaksanaan WFH dan pembelajaran secara daring untuk seluruh sekolah di Labuan Bajo tertuang dalam Surat Edaran Nomor: Organ.065/60/IV/2023 tentang Pelaksanaan Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Secara Daring Selama Berlangsungnya KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo.

"Untuk memastikan pelaksanaan KTT ASEAN Summit Tahun 2023 berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Untuk mengurangi dampak kemacetan dan mobilitas warga masyarakat dan untuk memastikan pelayanan pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya," ujar Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi kepada VIVA, Sabtu, 29 April 2023.

Ketentuan WFH dalam edaran tersebut, kata dia, tidak untuk kantor-kantor di luar pemerintahan.

Pelaksanaan WFH diharapkan tidak mengganggu kinerja ASN (PNS/PPPK) dan Tenaga Kontrak Daerah (TKD) lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

"Setiap pimpinan OPD mengatur pelaksanaan tugas ASN dan TKD yang dikerjakan dari rumah. Kemudian memantau hasil kerja yang telah dilaporkan melalui aplikasi media elektronik oleh setiap ASN dan TKD yang melaksanakan tugas dari rumah serta menegur dan memberikan sanksi bagi ASN dan TKD yang tidak mengikuti aturan sesuai isi surat edaran," ujar Bupati Endi. 

Mantan Ketua DPRD Manggarai Barat ini menyampaikan bahwa para pejabat struktural eselon II dan III diminta untuk tetap masuk kantor seperti biasa.

Demikian pula staf yang bertugas sebagai pengemudi, pramu tamu, ajudan maupun staf yang memiliki tugas dan tanggung jawab khusus tetap masuk kantor seperti biasa.

"ASN dan TKD yang melaksanakan tugas dari rumah tidak diperkenankan berkeliaran di luar selama jam kantor," ujarnya.

Ujian Tetap Berlangsung

Edaran tersebut juga menghentikan sementara waktu kegiatan pembelajaran secara tatap muka di setiap sekolah, di dalam wilayah kota Labuan Bajo dan memberlakukan pembelajaran secara daring terhitung mulai tanggal 2-13 Mei 2023.

Bupati Ediatasius mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah pada sekolah dasar agar tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Laporan Jo Kenaru/Manggarai Barat-NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya