Jalur Penyelamatan di Klemuk Kota Batu Malang Selamatkan Pemudik dari Kecelakaan Fatal

Jalur penyelamatan pemudik di Jalur Klemuk, Kota Batu.
Sumber :
  • Relawan siaga Klemuk.

VIVA Nasional – Jalur Klemuk yang menghubungkan Pujon, Kabupaten Malang dengan Songgoriti, Kota Batu memiliki medan yang ekstrem. Jalur Klemuk berada di area perbukitan yang curam dengan tingkat kemiringan hampir 60 derajat. 

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Masyarakat sekitar berinisiatif membuat jalur penyelamatan. Mereka membangun secara swadaya untuk menekan angka kecelakaan. Hasilnya, cukup efektif karena puluhan kendaraan para pemudik mampu diselamatkan dari kecelakaan fatal akibat medan yang curam. 

Tim relawan siaga Klemuk, Gandhi Kusumo mengungkapkan jalur ini mereka buat pada Maret 2023 lalu secara kolektif dengan warga sekitar. Saban hari, belasan kendaraan roda dua dan roda empat mampu mereka selamatkan dengan jalur penyelamatan ini. Rata-rata kendaraan yang melintas mengalami rem blong.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

"Rata-rata memang yang kecelakaan pelat luar kota, mereka tidak tahu medan jalan sebenarnya sehingga tidak siap. Tapi setelah ada tim relawan yang berjaga dan mengarahkan jalur, alhamdulillah selamat. Tidak sampai ada korban jiwa," kata Gandhi, Sabtu, 29 April 2023. 

Jalur penyelamatan pemudik di Jalur Klemuk, Kota Batu, Malang, Jatim.

Photo :
  • Relawan siaga Klemuk.
Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Jalur Klemuk adalah jalur alternatif yang menghubungkan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Dua daerah ini memiliki banyak wisata di kawasan barat sehingga saban musim liburan seperti Idul Fitri selalu dipadati kendaraan wisatawan. 

Pada Senin, 24 April 2023 lalu, jalur penyelamatan mampu menghindarkan sebuah minibus Toyota Avanza yang membawa rombongan dari Kediri dari kecelakaan karena mengalami rem blong. Pengemudi mobil sempat panik sebelum akhirnya membanting setir mengarah ke jalur penyelamatan.

Secara otomatis laju kendaraan akan tertahan kolam pasir dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter hingga 1 meter dengan kontur sedikit menanjak. Selain itu pada akhirnya masih ada tumpukan ban dan karung isi sebagai batas pengaman kendaraan. 

"Masih banyak pengendara roda dua yang juga alami rem blong dan selamat ketika masuk ke jalur ini. Yang penting selamat dan tidak sampai ada korban jiwa," ujar Gandhi.

Salah satu relawan lainnya adalah Simon. Menurutnya, kondisi jalan yang curam dengan panjang sekitar 1,5 km membuat belasan kendaraan pemudik dan wisatawan sering mengalami rem blong hampir setiap hari selama libur Lebaran 2023. 

"Bersyukur tidak ada yang sampai parah jatuh berkat masuk jalur penyelamatan. Jalur penyelamatan ini sangat efektif menyelamatkan pengendara dan mengurangi risiko kecelakaan," ujarnya. 

Simon menambahkan, "Karena dulu sebelum ada jalur penyelamatan di sana rawan sekali. Karena setelah jalan turun yang curam ada pertigaan yang biasanya lalu-lalang warga. Kan cukup membahayakan sekali. Syukur dengan ada jalur penyelamat bisa lebih aman."

Simon menuturkan, para pengemudi ini mayoritas merupakan wisatawan yang menghabiskan waktu libur di Kabupaten Malang maupun Kota Batu.

"Jadi kebanyakan mereka (wisatawan) ini dari Santerra dan Paralayang terus turun tidak tahu jalan. Akhirnya mengikuti google maps ketemunya bukan lewat Jalan Trunojoyo (Payung) tapi Jalur Klemuk dan berakhir mengalami rem blong," kata Simon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya