Warga Labuan Bajo Sewa Rumahnya untuk Tamu KTT ASEAN Rp65 Juta, Panitia Tak Percaya

Presiden Jokowi meninjau kesiapan venue KTT ASEAN ke-42 di Golo Mori, NTT
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – ASEAN Summit ke-42 dilaksanakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023. Para delegasi dari 11 negara anggota ASEAN dijadwalkan tiba di Labuan Bajo mulai Rabu, 5 Mei 2023. 

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Para tamu VVIP KTT ASEAN menginap di Hotel Meruorah dan Ayana Labuan Bajo. Sedangkan VIP ministerial level menempati hotel-hotel bintang 4 dan 5 yang sudah ditentukan. Ayana dan Meruorah merupakan venue utama KTT. 

"Hotel yang disiapkan untuk tamu-tamu VVIP antara lain Hotel Meruorah, Ayana, Plataran, Sudamala, Jayakarta. Untuk tamu KTT sudah tidak ada masalah, tidak ada yang tidak kebagian kamar, sudah beres semuanya," kata panitia lokal KTT, Elisabeth Maria Mersin, Sabtu 29 April 2023.

Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

Jokowi tinjau lokasi KTT ASEAN

Photo :
  • Twitter @jokowi

Mantan panitia G-20 yang biasa dipanggil Lisa ini menepis kabar yang menyebut ada tamu-tamu KTT yang tidak kebagian hotel terpaksa menyewa kamar kos-kosan dan rumah warga dengan harga tinggi.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

"Informasi getok harga itu rumor saja kami sudah cek  tidak ada tamu KTT yang sampai menyewa kamar kos maupun rumah warga. Kalaupun ada itu bukan delegasi tapi unsur lain ya," tegas Lisa memastikan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tamu-tamu kementerian yang tidak kebagian kamar hotel tidak perlu cemas karena menginap di dalam kapal yang disediakan Kementerian Perhubungan RI. 

"Ada dua kapal besar kemenhub yang dijadikan hotel terapung. Jadi untuk tamu-tamu kementerian yang tidak kebagian hotel akan diatur lebih lanjut di dua kapal tersebut," tutur Lisa seraya berkata, tamu KTT diperkirakan berjumlah lebih dari 3000 orang.

Getok harga sewa rumah

Terpisah, seorang warga di Labuan Bajo mengaku rumahnya disewa tamu KTT dari Jakarta dengan harga yang tidak ditawar-tawar. Tak tanggung-tanggung rumah empat kamar miliknya disewa Rp65 juta selama 3 minggu. 

Karena mendapat untung banyak, pria berprofesi ASN itu ia rela memboyong istri dan dua anaknya pindah sementara di kos-kosan sekitar kediamanannya. Apalagi penyewa yang disebutnya dari BUMN juga menyewa mobilnya.

"Mumpung harga bagus ya rumah saya disewa semua 4 kamar untuk 3 minggu sejak tanggal 2 Mei nanti sampai tanggal 18 Mei. Kata yang sewa mereka dari BUMN. Mereka sendiri yang masak beli pulsa listrik dan tabung gas buat masak. Tambah dengan sewa mobil ya mereka sendiri yang bawa dan beli BBM saya terima bersih Rp1 juta per hari," tutur ASN bernama Hans yang ditemui di Keluruhan Wae Mata Labuan Bajo.

Diakui Hans, dia mengetahui adanya tamu KTT ASEAN yang mencari rumah untuk menginap dari teman sekantornya yang lebih dahulu menyewakan kamar kosnya kepada tamu-tamu KTT akibat kamar hotel dan penginapan pada fully booked.

"Saya kan dengar dari teman-teman kantor ternyata mereka duluan tahu ditawari untuk menyewa kamar dan mobil mereka. Anggap saja ini rezeki KTT," tutupnya. (Jo Kenaru/tvOne/NTT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya