Banjir Bandang Terjang Objek Wisata Sembahe Deli Serdang, 1 Mobil Terseret Arus

Banjir bandang terjang objek wisata pemandian Sembahe, Kabupaten Deli Serdang
Sumber :
  • Istimewa/VIVA/B.S Putra

VIVA Nasional - Objek Wisata pemandian Sungai Sembahe di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang diterjang banjir bandang, Minggu siang, 30 April 2023. Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang, tidak ada korban jiwa.

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Namun, sejumlah pondok di lokasi wisata sembahe disapu banjir bandang tersebut. Termasuk satu unit mobil warna putih ikut terbawa arus air sangat deras.

Kepala BPBD Deli Serdang, Amos F Karo-karo menjelaskan, permukaan air naik sejak sekitar pukul 12.30 WIB. Sedang hujan turun melanda dari daerah pengunungan di Kabupaten Karo. Banjir bandang terjadi di objek wisata Sembahe pada pukul 14.00 WIB. 

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

"Jam 2 siang, terjadi kita sudah turun tim untuk melakukan pengecekan. Insyaallah tidak ada wisatawan terjebak. Karena, relawan dan anggota sudah memberikan peringatan kepada masyarakat, untuk keluar dari Sembahe," sebut Amos saat dikonfirmasi VIVA, Minggu sore, 30 April 2023.

Banjir bandang terjang objek wisata pemandian Sembahe, Kabupaten Deli Serdang

Photo :
  • Istimewa/VIVA/B.S Putra
Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Amos mengungkapkan hujan deras sudah membuat permukaan air di kawasan penatapan di Kabupaten Karo, air sudah meluap. 

Oleh karena itu, pihaknya melakukan antisipasi dan pengecekan terhadap objek wisata air terjun dua warna, di Kecamatan Sibolangit. Karena, juga dijadikan tempat lokasi warga berwisata.

Amos mengatakan saat ini, masih dalam suasana liburan Lebaran 2023. Sehingga anggota BPBD Deli Serdang diturunkan untuk melakukan pengecekan lokasi tersebut.

"Insyaallah tidak ada lah (wisatawan), ini libur panjang. Tapi, tetap kita pantau di dua warna itu," kata Amos.

Dari video didapatkan VIVA, terlihat derasnya arus sungai Sembahe dengan warna air coklat. Terlihat sebuah mobil warna putih ikut terseret derasnya air sungai tersebut. Tapi, belum diketahui ada korban atau tidak di dalam mobil itu.

“Ya, di kawasan Sembahe masih hujan gerimis. Ini kita masih terus lakukan pemantauan,” sebut Amos.

Air dengan debit air yang tinggi, menurut Amon sudah mengalir ke kawasan Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang. Di kecamatan itu, juga banyak terdapat lokasi objek wisata pemandian dengan aliran sungai Sembahe.

"Sudah turun air ke Namorambe, tapi juga sudah kita masyarakat untuk segera meninggalkan lokasi pemandian aliran sungai tersebut," kata Amos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya