Hari Ini, Arus Balik Pemudik Pengguna KA Tembus 44 Ribu Orang

Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta
Sumber :
  • Humas KAI Daop 1 Jakarta

VIVA Nasional – Pada Minggu, 30 April 2023, sekitar 43.950 pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) tiba di sejumlah stasiun area Daop 1 Jakarta. Jumlah penumpang tersebut terus meningkat sejak Minggu pagi, hingga KA terakhir penumpang diprediksi mencapai angka 44 ribu. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Sebelumnya, peningkatan volume penumpang turun di area Daop 1 Jakarta sudah terjadi sejak tanggal 24 April 2023 dengan rata-rata volume sekitar 40 ribu-43 ribu. Berdasarkan data yang diperoleh VIVA dari PT KAI, volume penumpang turun sekitar 43.950. Namun, angka itu masih yang paling tinggi jika dibandingkan hari lainnya sejak tanggal 24 April lalu. 

"Dari jumlah 43.950 penumpang, 16.900 penumpang lainnya turun di Stasiun Pasar Senen, 15.500 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4400 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.300 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," kata Eva Chairunisa, Kahumas KAI Daop 1 Jakarta dalam keterangannya. 

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Ilustrasi mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta, juga diprediksi akan terjadi hingga 2 Mei 2023 dengan rata-rata penumpang mencapai 43 ribu per hari. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

KAI Daop 1 Jakarta juga mempersiapkan adanya arus balik seperti menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang. Hal tersebut diharapkan agar penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu, dan tidak menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun. 

"Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siap untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun." 

Dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta bekerja sama dengan TNI dan Polri, untuk mengamankan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. 

"Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga dihimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya," pungkas Eva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya