Target Jokowi Untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Indonesia untuk berlaga dalam acara olah raga SEA Games XXXII yang digelar di Kamboja. Pelepasan kontingen Indonesia itu dilakukan di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa 2 Mei 2023 dan dihadiri sejumlah Menteri di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Prabowo-Gibran Menang, Relawan: Program Harus Jalan dan Sampai ke Masyarakat

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa atlet yang akan berangkat ke SEA Games 32 di Kamboja jumlahnya sebanyak 599 atlet. Atlet tersebut akan mengikuti 31 Cabang Olahraga dari total 36 Cabang Olahraga yang Dipertandingkan.

Presiden Jokowi lepas kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Jubir Jelaskan Maksud Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

Jokowi berpesan kepada seluruh Atlet yang akan berlaga pada SEA Games 32 di Kamboja agar mampu memberikan prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Jika pada SEA Games sebelumnya di Vietnam Indonesia mampu menduduki peringkat 3, maka pada SEA Games tahun ini Jokowi berharap Indonesia duduk di peringkat 1 atau setidaknya ada di peringkat 2.

"Hari ini saya akan melepas Kontingen SEA Games ke 32 Kamboja yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet dan akan mengikuti 31 cabang olahraga. Saya hanya pesan di SEA Games Vietnam, kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di peringkat ke-3, sekarang mestinya lebih dari itu," kata Jokowi, Selasa.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Jokowi berharap di SEA Games 32 ini, Kontingen Indonesia mampu membawa pulang emas lebih banyak dari tahun lalu. Pada SEA Games sebelumnya, jumlah emas yang didapat kontingen Indonesia sebanyak 69 buah.

"Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3, pilihannya ada dua, peringkat satu atau peringkat dua," kata Jokowi.

Kepala Negara menyadari target tersebut bukanlah target yang mudah untuk dicapai. Namun Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meyakini lara atlet sudah memiliki bekal yang cukup untuk mampu menggapai target tersebut sehingga dia optimis target itu akan tercapai.

"Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah, tetapi saya melihat seluruh atlet yang hadir di sini maupun yang diberangkat tentunya telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk nanti berlaga, bertanding di Kamboja," ujarnya

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengatakan jumlah kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Kamboja totalnya ada 884 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 599 atlet dengan didampingi pelatih dan official sebanyak 230, serta dukungan tim head quarter dan tenaga keolahragaan yang terdiri dari dokter, paramedis, tim recovery sebanyak 55 orang.

"Saat ini beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding lebih awal, seperti sepakbola, kriket, dan hoki indoor. Semoga dapat memacu semangat seluruh cabang olahraga dan Kontingen Indonesia. Adapun rombongan besar akan mulai berangkat pada tanggal 4 Mei 2023," kata Dito

Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Dia menambahkan, komposisi Kontingen Indonesia di Sea Games ke-32 tahun 2023 terdiri dari 70% atlet junior yang sebagian besar berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda Indonesia menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui atmosfer multi event internasional.

"Sehingga dapat berprestasi di masa yang akan datang serta meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam mengimplementasikan visi pembangunan sumber daya manusia," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya