Agar Produksi Meningkat, Petani di Gowa Diberi Penyuluhan dan Bibit Unggul

Petani di Gowa diberikan penyuluhan dan bibit
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Relawan yang tergabung dalam Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Sulawesi Selatan Dukung Ganjar Pranowo menggelar halalbihalal dengan para petani di Desa Botonompo Selatan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa, 2 Mei 2023.

Mantan Ajudan Ungkap Syahrul Yasin Limpo Panik saat Rumahnya Digeledah KPK

Kegiatan itu diisi dengan penyuluhan pertanian dan pembagian bantuan bibit jagung untuk sekitar seribu petani setempat.

Tak heran, masyarakat antusias mengikuti kegiatan di Lapangan Desa Sengka Kecamatan Botonompo Selatan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Hotman Paris Sindir Kubu Amin dan Ganjar: Jangan Nangis Kalau Kalah

Salah seorang petani desa tersebut, Alimudin Nabah (38) mengaku sangat merasakan manfaat dari kegiatan kali ini. 

Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02

“Dengan adanya acara ini, kami masyarakat dan rakyat sangat berterima kasih dengan berjalannya acara ini sesuai dengan harapan,” katanya di lokasi acara.

Menurutnya, para petani setempat memang mengharapkan bantuan bibit untuk meningkatkan hasil produksi mereka. Alimudin merasa persediaan bibit ke wilayahnya kerap kekurangan hingga membuat petani kesulitan untuk produksi.

“Masalah pertanian di sini, masalahnya itu masih kurang bibit-bibitnya. Kadang-kadang langka di pasaran. Terus, pupuk. Pupuk juga sangat langka di daerah kami,” ujar Alimudin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para relawan Ganjar Pranowo.

Bantuan dari relawan Ganjar itu dinilai sebagai bentuk perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat kecil. Sehingga, masyarakat sangat berharap Calon Presiden dari PDI Perjuangan itu benar-benar menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.

Terlebih, kemampuan Ganjar Pranowo dalam memimpin sudah terbukti saat menjadi Gubernur Jawa Tengah. Dalam sektor pertanian, Kementerian Pertanian RI bahkan mengapresiasi kinerja Ganjar Pranowo sebagai gubernur.

Dalam keterangan pers resmi dari Kementan, Ganjar disebut berhasil menjalankan program peningkatan kesejahteraan petani di Jawa Tengah. Karena itu, Kementan pun mengusulkan Ganjar Pranowo untuk menerima dua tanda kehormatan, yaitu Gelar Tanda Kehormatan (GTK) Satyalencana Pembangunan dan Wira Karya.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Acara Amir Irwan menjelaskan kegiatan kali ini masih dalam rangka halalbihalal sesuai tradisi masyarakat usai menjalani lebaran. “Penyuluhan dan pembagian bibit dalam rangka gerakan pemuda Kabupaten Gowa mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden 2024,” ujarnya.

Menurutnya, bibit yang diberikan itu adalah bibit unggul sehingga hasil yang diperoleh masyarakat dipastikan lebih banyak sehingga bisa lebih menguntungkan. 

“Sektor pertanian adalah yang diutamakan di Kabupaten Gowa karena di Kabupaten Gowa mata pencahariannya itu pertanian,” kata Amir.

Dia pun mengakui kredibilitas Ganjar Pranowo yang berhasil mengangkat sektor pertanian di Jawa Tengah saat ini. Salah satu program unggulannya yang diadopsi oleh pemerintah pusat adalah kartu tani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya