Polri Kerahkan 8 Satgas Amankan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran
Sumber :
  • Instagram @kabaharkam

VIVA Nasional – Mabes Polri akan mengerahkan sebanyak 8 satuan tugas (satgas), untuk mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada 2 tahap pengamanan juga yang dilakukan di side event dan main event mulai 6-13 Mei 2023.

KSAL Klaim Perselisihan Prajurit TNI dan Oknum Brimob di Sorong Berakhir Damai

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Fadil Imran, ketika mengecek persiapan pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

"Dalam 2 minggu ke depan kami akan melaksanakan pengamanan KTT ASEAN untuk memastikan pelaksanaan acara berjalan aman dan lancar," ucap Komjen Pol Fadil Imran dalam keterangannya, seperti dikutip Kamis, 5 Mei 2023.

TNI AL dan Brimob Bentrok di Pelabuhan Sorong, Begini Endingnya

Sementara itu, 8 Satgas yang akan bekerja dalam Operasi Komodo 2023 untuk pengamanan KTT ASEAN ini terdiri dari Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops. 

Fadil mengatakan, masing-masing satgas akan dipimpin oleh jenderal bintang satu. Seperti, Satgas Preemtif akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam Polri, Brigjen Pol Djati Wiyoto. Lalu, Satgas Preventif dipimpin Dirsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Rudi Antariksawan, Satgas Walrolakir dipimpin Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan.

OPM Minta TNI Tak Jatuhkan Bom, Ancam Bawa Pilot Susi Air ke Medan Perang

Kemudian, Satgas Tindak dipimpin Danpas II Korbrimob Brigjen Pol Arif Budiman, Satgas Gakkum dipimpin Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Adi Vivid, dan Satgas Anti Teror dipimpin Dirtindak Densus 88 Antiteror Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko.

Sementara itu, Satgas Humas dipimpin Karopenmas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dan terakhir Satgas Banops akan dipimpin Karo Tekkom Div TIK Polri Brigjen Pol Giri Purwanto.

"Tentunya nanti masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center dimana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur mengkoordinasikan keterpaduan pengamanan yang dilaksanakan oleh jajaran Polri," jelasnya.

Ada 2.627 Personel Siap Amankan KTT ASEAN 2023

Jokowi tinjau lokasi KTT ASEAN

Photo :
  • Instagram @jokowi

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri), telah menyiapkan 2.627 personel guna mengamankan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit, pada 9-11 Mei 2023. Pelaksanaan ASEAN Summit sendiri akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengatakan, ribuan personel Polri yang diturunkan merupakan gabungan dari Mabes Polri, Polda NTT dan Polda NTB. 

"Rencana personel yang dikerahkan yakni sebanyak 2.627 yang berasal dari Mabes Polri sebanyak 947 personel, Polda NTT 1.660 personel, dan Polda NTB 20 personel," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 April 2023. 

Sandi menjelaskan, ribuan personel tersebut akan disebar di berbagai tempat, mulai dari bandara, akomodasi para delegasi atau kepala negara yang hadir hingga venue penyelenggaraan. Sebelum main event pada 9-11 Mei, Sandi menuturkan akan ada side event yang digelar pada 7 hingga 9 Mei. Untuk side event nantinya akan menjadi tanggung jawab penuh dari Polri. 

"Polri memberikan bantuan BKO personel di ring 1, 2, dan 3. Untuk side events menjadi tanggung jawab penuh dari Polri," ujarnya. 

Pengamanan juga diperketat dengan keberadaan CCTV untuk memperkuat pengendalian dari Command Center, dari Bandara, sampai tempat acara dan akomodasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya