Warga Subang Diajari Cara Budi Daya Ikan hingga Pengolahan Hasil Panen

Warga di Kabupaten Subang diberikan penyuluhan pembudidayaan ikan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Relawan Ganjar Sejati menggelar penyuluhan di lokasi budi daya ikan di Dusun Karangmulya, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Dilaksanakan pada Kamis, 4 Mei, para relawan menggandeng penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Subang untuk menyampaikan materi soal pembudidayaan ikan dan udang yang benar. 

Koordinator Daerah relawan Ganjar Sejati Kabupaten Subang, Endang Koswara mengatakan, penyuluhan ini dilakukan karena mayoritas masyarakat di Desa Blanakan merupakan seorang petambak ikan atau udang. 

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

"Kami dari tim relawan Ganjar Sejati memberikan edukasi tentang bagaimana berbudi daya tambak ikan. Dari mulai bandeng, kemudian untuk udang juga," ujar Endang.

12 Jaksa Bakal Ungkap Skenario 'Licin' Yosep Subang Bunuh Istri dan Anak 

Materi yang dipaparkan dalam penyuluhan tersebut di antaranya tata cara awal mulai budidaya, hambatan atau penyakit yang bisa menjangkit ikan, cara panen, hingga pengolahan hasil panen. 

"InsyaAllah kami dari relawan Ganjar Sejati akan mendorong masyarakat yang bergerak di bidang perikanan, selain pembudidayaanya, tapi juga marketnya. Kami insyaAllah akan membantu pemasarannya," jelasnya. 

Penyuluhan tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan halalbihalal seluruh anggota relawan. Ratusan relawan yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Subang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kami menjalin silaturahmi lebih dekat dengan masyarakat. Lewat halalbihalal ini kita bisa berbaur lebih kepada masyarakat. Kebetulan momennya masih suasana Idul fitri," katanya. 

Dalam kegiatan pada hari tersebut, relawan juga menggelar aktivitas lainnya, seperti selawat bersama hingga ceramah dari salah satu tokoh agama di Kabupaten Subang. Mereka juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa santunan untuk anak yatim piatu dan kaum duafa di Desa Blanakan.

Relawan ini berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatan bermanfaat lainnya untuk masyarakat. Mulai dari program bantuan untuk pelaku UMKM, hingga bantuan lampu penerangan jalan untuk wilayah-wilayah terpencil. 

Upaya Atasi Permasalahan Perikanan

Penyuluh dari Dina Perikanan Kabupaten Subang, Aen Maulana mengapresiasi kegiatan penyuluhan budidaya ikan dan udang yang digelar relawan Ganjar Sejati. 

Aen menilai, penyuluhan ini merupakan upaya mengatasi salah satu permasalahan budidaya ikan dan udang di Kabupaten Subang. 

"Perikanan di Kabupaten Subang itu terkendala karena adanya penyakit udang, terutama WSSV. Petani (udang) ini sangat merasa kerugian sekali, mulai dari seratus hingga miliaran rupiah. Jadi petani ini kurang mengantisipasi bagaimana penyakit ini bisa merugikan mereka," jelasnya. 

Dia berharap, penyuluhan ini bisa mengedukasi pembudidaya ikan dan udang di Kabupaten Subang untuk bisa lebih peka terhadap isu penyakit WSSV. 

"Mudah-mudahan para petani dengan adanya penyuluhan ini bisa diberikan pencerahan bahwa penyakit ini bukan main-main, dan harus bisa mengendalikannya," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya