Irjen Sandi Kasih Kabar Terbaru soal Korban TPPO dan Penyekapan di Myanmar

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Sandi Nugroho mengatakan saat ini KBRI Yangon bersama KBRI Bangkok sedang berada di wilayah Myawaddy, Myanmar yang berbatasan dengan wilayah Thailand dengan jarak 11 KM.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

"KBRI Yangon dan KBRI Bangkok saat ini menangani viralnya kasus 20 WNI korban TPPO di Myawaddy di Myanmar," ucap dia kepada wartawan, Sabtu 6 Mei 2023.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho

Photo :
  • dok Polri
Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

Sesuai dengan hasil zoom meeting yang dilaksanakan bersama Dit PWNI, KBRI Yangon, Bareskrim Polri, Baintelkam Polri, dan DIvhubinter Polri, didapatkan informasi ada empat orang yang bakal dilepaskan oleh perusahaan. Mereka akan masuk ke wilayah Thailand, sementara satu orang lainnya menurut informasi tidak mau dipulangkan.

"Sedangkan untuk 15 orang WNI saat ini sedang dilakukan upaya negosiasi lanjutan untuk menurunkan biaya tebusan dengan pihak perusahaan," ujar dia.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Sandi mengatakan, empat WNI yang bakal dilepas itu sudah disebrangkan ke wilayah Thailand, dan saat ini berada di salah satu hotel di wilayah Mae Sot.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho

Photo :
  • dok Polri

"Keempat WNI tersebut telah dilepaskan oleh perusahaannya karena tidak mau bermasalah. Sesuai Informasi kondisi keempat WNI tersebut dalam keadaan baik," katanya.

Dirinya menambahkan, Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri sudah memerintahkan Atpol Bangkok untuk datang langsung menuju Mae Sot, yang berjarak lebih dari 500 KM dengan jarak tempuh kurang lebih 7 jam via darat.

"Divisi Hubungan Internasional melalui Atpol Bangkok akan melaksanakan investigasi awal dan selanjutnya akan membawa keempat WNI tersebut ke Bangkok untuk dilakukan proses lebih lanjut," ujar dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyoroti besarnya dampak tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam kasus penipuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (online scam) di kawasan Asia Tenggara.

Maraknya perdagangan orang berkedok online scam dibuktikan dengan 1.841 kasus yang telah diselesaikan pemerintah Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

“Saya ingin memberikan highlight bahwa kasus online scams ini sudah menjadi masalah regional dengan korban berasal dari berbagai negara. Untuk korban [warga negara] Indonesia, tercatat berada di Myanmar, Kamboja, Thailand, Vietnam, Laos, dan Filipina,” kata Retno dalam pengarahan pers di Jakarta, Jumat, 5 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya