Jalur Terdampak Longsor di Purwakarta Sudah Bisa Dilintasi Kereta meski Kecepatan Terbatas

Jalur kereta api di antara Stasiun Sukatani dan Ciganea Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang tertimbun longsor secara bertahap sudah tertangani dan bisa dilintasi kereta api pada Sabtu, 6 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 Bandung menyatakan jalur kereta api di antara Stasiun Sukatani dan Ciganea Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang tertimbun longsor secara bertahap sudah tertangani dan bisa dilintasi kereta api pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, di Purwakarta, Sabtu, mengatakan material longsor yang mengganggu perjalanan KA di wilayah Purwakarta sejak Jumat sore berhasil ditangani seluruhnya pada Sabtu siang.

"Pada (Sabtu) pukul 11.20 WIB, jalur hilir dinyatakan aman untuk dilalui KA dengan kecepatan terbatas pasca-bencana longsor di KM111+100, Purwakarta," katanya.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Penanganan longsoran di jalur kereta api wilayah Purwakarta.

Photo :
  • ANTARA

Kereta pertama yang melintasi jalur hulu pada petak jalan Sukatani dan Ciganea ialah KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir pada Sabtu pukul 06.36 WIB. Selanjutnya kereta berikutnya KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung yang melintas pada pukul 07.02 WIB.

Top Trending: Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya, Perang Dunia 3 Pecah di 2024

Mahendro menyampaikan Daop 2 Bandung tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan jalur KA di lokasi tersebut sehingga dapat dilalui KA dengan kecepatan normal.

Longsor di jalur antara Stasiun Sukatani dan Ciganea, Purwakarta, akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat. Terdapat tiga titik longsoran yang sempat mengganggu sembilan perjalanan kereta api. Gangguan yang terjadi adalah longsor yang menutupi jalur KA pada KM 111+400, KM 111+200, dan KM111+100.

Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf yang kepada seluruh pelanggan KA yang terganggu perjalanannya akibat longsor yang terjadi di wilayah Purwakarta itu.

Ilustrasi titik rawan longsor.

Photo :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

Bagi pelanggan yang perjalanannya terdampak, baik itu karena batal beroperasi ataupun yang membatalkan perjalanannya dikarenakan memilih menggunakan moda transportasi lain, akan diberikan pengembalian bea tiket hingga seratus persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya