Strategi Kapolri dan Panglima TNI Biar Pengamanan KTT ASEAN Lancar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan dengan sinergisitas dan soliditas yang kuat, personel TNI-Polri beserta stakeholder terkait lainnya akan melakukan pengamanan dan penjagaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN mulai dari proses kedatangan delegasi hingga kegiatan utama dari event internasional tersebut.

Terkuak! Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu untuk Hindari Gage

Hal itu diungkapnya saat bersama dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono ketika memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam kesempatan tersebut, Kapolri dan Panglima TNI menegaskan bahwa.seluruh jajaran TNI dan Polri telah siap untuk melaksanakan pengamanan pada seluruh rangkaian kegiatan KTT ASEAN tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri
Pemobil Fortuner Arogan yang Pakai Pelat TNI Palsu Dilaporkan ke Mabes Polri, Ini Alasannya

"Ada beberapa event utama dan event tambahan yang tentunya semua harus berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya kepada wartawan, Sabtu 6 Mei 2023.

Dengan adanya pengamanan yang optimal, dia menegaskan bakal membuat pelaksanaan KTT ASEAN berjalan dengan aman dan lancar, sehingga, Indonesia akan jadi harum serta disegani di kancah internasional. Bahkan, menurutnya dengan berlangsungnya KTT ASEAN yang aman dan lancar, diharap dari kegiatan itu bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang baik untuk Indonesia maupun negara lainnya.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

"Tentunya dengan  penyelenggaraan yang sukses dan pengamanan yang baik akan membawa posisi Indonesia mencapai posisi yang tentunya disegani di kawasan internasional. Dan kita harapkan dengan penyelenggaraan dan pengamanan yang baik juga akan menghasilkan keputusan strategis untuk kawasan Asean," katanya.

Kapolri bersama Panglima TNI dan Menhub meninjau arus mudik di Bakauheni

Photo :
  • dok Polri

Sementara itu Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menambahkan, apel gelar pasukan ini sekaligus memastikan kalau seluruh personel maupun peralatan-peralatan yang ada sudsh siap untuk dioptimalkan dalam melakukan pengamanan KTT ASEAN. Dengan dikerahkannya sekitar 12 ribu personel gabungan dari TNI, Polri dan stakeholder lainnya, Yudo menegaskan, seluruh petugas siap untuk memberikan pengamanan terbaik pada event tersebut.

"Berjumlah 12 ribu personel baik TNI, Polri stakeholder terkait, BNPT, BNPB, Basarnas juga Satpol PP daerah. Semuanya kita gelar untuk mengecek dan juga kita akan detailkan tugas masing-masing satgas yang kita bagi. Dengan kesiapan semua ini kita dapat melaksanakan tugas pengamanan KTT ini dengan baik aman dan lancar. Kita antisipasi semua kemungkinan ancaman baik luar maupun dalam," ujar Yudo menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya