Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

Kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak
Sumber :
  • Ist

VIVA Nasional – Bus yang terbakar di KMP Royce 1 ternyata milik Kementrian Perdagangan (Kemendag) yang akan mengantar rombongan nikah ke daerah Lampung. Hal itu setelah dilakukan pengecekan ulang yang dilakukan oleh Kepala BPTD Wilayah VIII, Handjar Dwi Antoro yang sebelumnya menyatakan bus tersebut milik Pemkot Cilegon.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Kementerian Perdagangan Jakarta Pusat, mau nganter rombongan nikah," kata Handjar Dwi Antoro, Senin, 8 Mei 2023.

Penyebab bus kementerian itu terbakar masih diselidiki oleh tim gabungan, sehingga belum bisa disimpulkan penyebab pastinya, apakah ada human error atau faktor lainnya.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Sedangkan untuk kelaikan kapal, Kementerian Perhubungan telah memastikan bahwa KMP Royce telah dilakukan pemeriksaan atau ramcek. "Saya tidak bisa menyimpulkan human error atau kesalahan teknis, hasil audit yang menentukan," terangnya.

Kini, bus berplat nomor B 7247 IO berwarna silver itu telah menjadi bangkai. Sedangkan KMP Royce 1, pada Minggu sore, 07 Mei 2023, telah berhasil sandar di Dermaga 3 Pelabuhan Merak.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Proses evakuasi penumpang kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak

Photo :
  • Ist

Saat kebakaran terjadi, Handjar memastikan kapal tidak melebihi muatan. Sedangkan data yang diperoleh BPTD Wilayah VIII Banten, jumlah penumpang ada 304 penumpang dengan 79 unit kendaraan.

Data penumpang dan muatan kendaraan sempat simpang siur, karena terjadi perbedaan data. Dari Pemprov Banten disebutkan berjumlah 430 orang, Polda Banten menyebut 140 orang, dan Basarnas Banten mengatakan ada 456 penumpang.

"Berdasarkan laporan manifes yang dilaporkan Syahbandar, jumlah penumpang 304, krunya 32, jadi semua selamat tidak ada korban jiwa. Dari sisi kapasitas tidak terlampaui, kapal ini bisa mengangkut 144 kendaraan, ini mengangkut hanya 79," ujar Handjar

Penegasan lainnya juga disampaikan oleh Pemkot Cilegon yang menyatakan bahwa seluruh bus milik pemerintah dalam kondisi utuh dan tidak ada yang melakukan pelayaran.

"Saya tegaskan, tidak ada bus milik Pemkot Cilegon yang melakukan perjalanan ke Lampung apalagi sampai menyebabkan kebakaran di KMP Royce I," ujar Didin Maulana, Kepala Dinas Kominfo Kota Cilegon, Senin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya