14.356 Jemaah Haji Reguler Belum Lunasi Bipih, Kemenag Siap Jemput Bola

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Nasional – Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 dijadwalkan akan memberangkatkan jemaah kloter pertama pada 24 Mei 2023. Namun, hingga saat ini mendekati batas akhir Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H  12 Mei 2023, masih ada sekitar 14.356 jemaah yang belum melunasi biaya tersebut. 

Di Festival Islam Kepulauan di Belanda, Kemenag Kupas soal Penghulu Era Modern

Untuk melancarkan kegiatan penyelenggaraan haji tahun ini, Kementrian Agama pun melakukan berbagai upaya agar kegiatan ibadah ini bisa berjalan sesuai rencana. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan jemput bola. 

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi dan Media, Wibowo Prasetyo di tengah acara Edukasi Media Center Haji 2023 mengatakan, jemput bola yang dimaksud dengan mendatangi rumah jemaah yang belum melunasi Bipih.

Bus Salawat Ramah Lansia dan Disabilitas Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Photo :
  • MCH 2023

"Pak menteri sudah instruksikan pada seluruh kanwil daerah, kan sudah ada alamatnya (jemaah) jelas, kita datangi, kita tanya, 'Jenengan berangkat haji tahun ini, mau dilunasi kapan, nanti kami bantu dengan sejumlah terobosan'." kata pria yang akrab disapa Gus Bowo, Selasa, 9 Mei 2023 di Hotel 101 Urban Jakarta. 

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

Berbagai kemungkinan kata Gus Bowo akan ditawarkan dan diusahakan untuk mendorong jemaah agar bisa cepat melakukan pelunasan. "Jemput bola ini juga sekaligus menanyakan kapan pelunasan, bila tidak bisa melunasi apakah bisa kita berikan kuotanya untuk jemaah yang lain yang sudah menunggu." 

Seperti diketahui, tahun ini Indonesia mendapatkan kuota penuh sekitar 221 ribu jemaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Dan diharapkan, jemaah baik lunas tunda dan jemaah 2023 melakukan pelunasan agar segara mendapat kepastian untuk berangkat ibadah haji. 

"Bagi yang belum menunaikan kewajibannya segera melunasi pelunasan agar target dari jemaah itu terserap semua. Kita belum bicara kuota tambahan yang 8000, maksimal atau seoptimal mungkin terserap semua karema ada target yang harus dipenuhi. Di sini peran media sangat besar dalam mengawal informasi untuk publik, kita masih punya PR melakukan pelunasan agar jemaah bisa berangkat tahun ini," kata Gus Bowo.

Perlu diketahui, sudah ada 188.964 jemaah reguler melunasi Bipih. Masih ada 14.356 jemaah reguler yang belum melunasi. Karenanya tahapan pelunasan diperpanjang hingga 12 Mei 2023.

Tahun ini, kuota jemaah haji Indonesia kembali normal, 221.000 orang. Kuota tersebut terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Untuk 203.320 kuota jemaah haji reguler, terdiri atas 201.063 jemaah, 685 pembimbing pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), serta 1.572 petugas haji daerah (PHD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya