Polisi Sebut Sopir dan Kernet Bus Kecelakaan di Guci Tegal Lalai, Ini Alasannya

Polisi olah TKP kecelakaan (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA / Eduward Ambarita

VIVA Nasional – Sopir dan kernet bus yang mengalami kecelakaan di objek wisata Guci, Kecamatan Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, dinilai lalai buntut meninggalkan kendaraan dalam kondisi menyala.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Jadi kelalaiannya mereka tidak ada di ruang kemudi ketika kendaraan dalam keadaan menyala dan penumpang sudah di atas kendaraan," ujar Kapolres Tegal, Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Sajarod Zakun kepada wartawan, Kamis 11 Mei 2023.

Menurut dia, apabila saat kejadian si sopir berinsial R juga kernet berinisial AY berada dalam kendaraan, bisa jadi kecelakaan tidak bakal terjadi. Sopir berinisial R mengaku saat kejadian baru selesai mandi dan mengobrol dengan panitia di luar bus.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Korban kecelakaan bus di Guci.

Photo :
  • Sherly/VIVA.

"Kalau seandainya sopir ada di dalam, sopir bisa antisipasi lebih awal, karena tidak ada sehingga tidak antisipasi, minimal injak rem, kalau nanti tetap meluncur ke bawah, dia bisa meminimalisir risiko setidaknya. Sementara kernetnya keluar kendaraan setelah menyalakan mesin, dia memasukkan barang-barang ke dalam bagasi, sama ngobrol dengan sopir dan panitia juga," katanya.

Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

Sebelumnya diberitakan, bus pariwisata mengalami kecelakaan di objek wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah. Bus yang mengalami kecelakaan itu membawa rombongan dari Kelurahan Pakujaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Adapun melalui video yang diunggah @net2netnews sebuah bus terjun ke jurang di kawasan Guci, Tegal, Jawa Tengah. Bus berwarna merah tersebut mengalami kecelakaan. Bus tersebut nampak dalam posisi terguling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya