Jokowi Ajak Umat Hindu Jaga Persatuan di Tahun Politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA NasionalPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Indonesia, termasuk umat Hindu untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa mengingat sekarang memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat sambutan dalam acara Puncak Hari Suci Nyepi Saka 1945 secara daring pada Jumat, 12 Mei 2023.

Ilustrasi perayaan Nyepi

Photo :
  • Istimewa
Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Menurut dia, patut disyukuri karena pandemi COVID-19 dan berbagai tantangan-tantangan sulit dapat ditangani dengan baik, sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali dan ekonomi mulai tumbuh.

“Situasi bangsa yang kondusif ini, perlu kita jaga bersama agar tetap sejuk dan damai, toleran dan saling menghormati. Hal ini perlu saya tegaskan, karena kita sudah memasuki tahun politk yang harus kita jaga betul agar tidak merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Jokowi dikutip dari Youtube PDHI Pusat pada Jumat.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Selain itu, Jokowi mengajak umat Hindu dimana pun berada untuk menjalankan dharma agama dan dharma negara dengan penuh kesadaran, melaksanakan kewajiban srada bhakti sebagai umat beragama.

MELASTI JELANG NYEPI DI BALI

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Pada saat yang sama, kata dia, menjaga serta menjunjung tinggi kehormatan negara dan bangsa, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) 1945 dan bhinneka tunggal ika.

“Selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Saka 1945, kepada seluruh umat hindu di seluruh Tanah Air Indonesia. Hari Suci Nyepi momen penting untuk menjaga keseimbangan buana alit dan buana agung, serta mengingatkan kita untuk memperbaiki diri agar semakin baik. Sehingga, terlahir kembali sebagai pribadi-pribadi yang baru yang lebih mulia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya