KPK Selidiki Pemberian Mobil McLaren hingga Ferrari di Kasus Suap MA

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • KPK.go.id

VIVA Nasional – Deretan mobil mewah seperti McLaren hingga Ferrari California disita sebagai barang bukti dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPk) tengah mendalami alur pemberian mobil mewah tersebut terhadap pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

Sekretaris MA Hasbi Hasan dan Dadan Tri Yudianto diduga ikut terlibat dalam pemberian mobil mewah dalam perkara ini. 

"Terkait dengan pemberian suap di MA, yaitu dari saudara DTY memberikan mobil kepada saudara HH, itu nanti sedang kita dalami. Memang di persidangan disampaikan, selain dari mobil mewah (McLaren) ada juga mobil lainnya. Sedang kita dalami pemberiannya kapan, kepada siapa, di mana," kata Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur kepada wartawan, Selasa, 16 Mei 2023.

Mantan Kajari Bondowoso Divonis 7 Tahun Penjara terkait Kasus Suap

Gedung KPK. (istimewa)

Photo :
  • vstory

Asep juga menyebutkan, pihaknya akan mendalami keterkaitan mobil mewah itu dengan pihak-pihak lain yang diduga memiliki hubungan dengan tersangka maupun perkara suap di MA.

Terungkap, Syahrul Yasin Limpo Pernah Minta Anak Buahnya Hapus Bukti Catatan Keuangan

"Sedang kita dalami bagaimana keterkaitan dengan kendaraan tersebut, dalam hal ini pemberi dan penerima," katanya. 

Tersangka Kasus Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan bahwa Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Hasbi Hasan, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung (MA).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, membenarkan bahwa Hasbi Hasan telah jadi tersangka kasus suap. Tak hanya Hasbi Hasan, kata Ali, pihak swasta bernama Dadan Tri Yudianto pun ikut jadi tersangka dalam kasus yang sama.

"Benar, KPK telah tetapkan 2 orang pihak sebagai tersangka yaitu pejabat di MA dan seorang swasta (Hasbi Hasan dan Dadan Tri)," kata Ali Fikri kepada wartawan, Rabu 10 Mei 2023.

Hasbi Hasan ditetapkan sebagai tersangka, setelah KPK berhasil mengumpulkan sejumlah alat bukti. Sehingga dinilai sudah kuat untuk menetapkannya sebagai tersangka.

"Menindak lanjuti adanya alat bukti yang diperoleh tim penyidik dari keterangan para tersangka dan para saksi dalam perkara tangkap tangan suap pengurusan perkara di MA," ujar Ali.

"Kelengkapan alat bukti menjadi prioritas yang terus dikumpulkan untuk melengkapi bukti permulaan yang telah kami miliki," katanya.

Sementara itu sebanyak lima mobil telah disita KPK terkait dengan kasus suap MA ini. Kelima mobil itu terdiri dari Ferrari hingga McLaren. "Betul (KPK menyita lima kendaraan)," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin 15 Mei 2023.

Adapun kelima mobil mewah itu yakni Ferrari Type California, warna merah metalik, McLaren, Tipe MP4-12C 3.8, warna volcano yellow, Hyundai Tipe Creta Prime 1.5 AT, Mitsubishi X Pander 15 L Sport 4 X 2, dan Toyota Tipe LC 300 GR-S 4x4 AT.Q

Ali menjelaskan bahwa kelima mobil mewah itu diperuntukan guna proses penyidikan suap di lingkungan Mahkamah Agung. "Saat ini barang bukti dimaksud dipergunakan untuk pengembangan penyidikan yang saat ini sedang diselesaikan KPK," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya