Grace Tahir Diperiksa Terkait TPPU Rafael Alun, KPK: Jangan Berasumsi Negatif

Pengusaha yang juga seorang Youtuber Grace Tahir usai diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara soal pemeriksaan pebisnis Grace Dewi Riady alias Grace Tahir atas kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Rafael Alun Trisambodo. Grace Tahir diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi. 

Hubungan dengan Rizky Irmansyah Diduga Kandas, Nikita Mirzani Sibuk Sama Cowok Lain di Bali?

Plt Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur mengatakan pemeriksaan terhadap Grace Tahir dilakukan dalam rangka mengusut aliran uang Rafael Alun. Kata dia, Grace dimintai klarifikasi terkait dengan pembelian properti berupa rumah dengan Rafael Alun.

"Pencucian uang itu bisa menyamarkan, mengalihkan, mengubah bentuk dari uang menjadi barang, termasuk properti. Jadi dalam rangka klarifikasi apakah betul informasi yang kita peroleh uang RAT (Rafael Alun Trisambodo) dibelikan properti dan kebetulan propertinya ada pada Mbak GT (Grace Tahir)," kata Asep kepada wartawan, Selasa, 16 Mei 2023. 

KPK Allows Inmate to Meet Family during Eid al-Fitr

Meski diperiksa penyidik KPK, Asep menjelaskan belum tentu Grace Tahir ikut terlibat dalam kasus dugaan TPPU yang menjerat Rafael Alun. 

KPK Izinkan Keluarga Temui Tahanan di Rutan saat Lebaran, Ini Jadwalnya

Ia pun mengapresiasi sikap Grace Tahir yang bersedia hadir untuk memberikan klarifikasi atas kasus Rafael Alun. Sebab, keterangan dari Grace bisa membantu penyidik dalam membongkar aliran dana dugaan TPPU yang dilakukan Rafael Alun. 

Asep lantas menekankan agar pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK terhadap Grace Tahir tak dikonotasikan negatif lebih dulu. Sebab, tak semua saksi termasuk Grace Tahir yang diperiksa ikut terseret kasus pidana yang tengah diusut KPK.

"Salah itu, belum tentu (terkait pidana). Jadi jangan berkonotasi negatif dulu kepada para saksi yang dipanggil ke sini, termasuk salah satunya Mbak GT," tuturnya.

Lebih lanjut, Asep membuka kemungkinan bahwa Rafael Alun dan Grace Tahir tak berkomunikasi secara langsung dalam jual beli properti yang dimaksud, melainkan melalui perantara. Sebab, kata dia, jual beli properti melalui perantara merupakan sesuatu yang umum terjadi.

"Broker dan pemilik aslinya itu kita panggil juga. Benar tidak (ada jual beli properti). Berapa dijualnya? Kapan? Itu hanya sebuah proses untuk mencari atau menyusuri di mana aliran dana itu dan berpindah menjadi apa," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa anak dari Dato Sri Tahir dan Rosy Riady, yaitu Grace Dewi Riady atau yang dikenal Grace Tahir. Grace menjalani pemeriksaan pada Kamis, 11 Mei 2023.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri menjelaskan bahwa Putri kedua dari Dato Sri Tahir dan Rosy Riady itu dicecar soal adanya dugaan pembelian aset dengan Rafael Alun. "Transaksi jual beli properti," kata Ali.

Sementara itu, aset rumah yang diduga merupakan hasil dari transaksi jual beli dengan Rafael Alun telah disita KPK. "Objek jual beli rumah dimaksud informasi yang kami peroleh saat ini, sudah dilakukan penyitaan oleh tim penyidik," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Jumat 12 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya