Pemkot Bogor Pindahkan Pipa Air Tirta Pakuan dari Jalur Lintasan Jokowi ke Istana Bogor

Proyek revitalisasi jembatan di Jalan Jembatan Otista, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, yang akan disusul pemindahan jaringan pipa air bersih Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Nasional – Proyek revitalisasi jembatan Otista di Kota Bogor, Jawa Barat, yang berada di sekitar Istana Bogor akan menggeser pemindahan pipa air yang memasok warga dan pipa yang menuju ke Istana Bogor, kediaman Presiden Joko Widodo.  Pemindahan pipa akan dilakukan pada Mei 2023 oleh Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor untuk mendukung program revitasilasi jembatan.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Relokasi direncanakan berlangsung pada pertengahan bulan Mei setelah pembuatan jembatan sementara selesai dikerjakan.

Terdapat jaringan pipa distribusi jenis AC diameter 15”dan AC 6” yang terpasang di bawah jembatan sepanjang 34 meter tersebut. Pipa dibangun dari Program Colombo Plan pada 1970, artinya sudah 53 tahun pipa tersebut terpasang memasok kebutuhan air bersih untuk masyarakat Kota Bogor. Selain itu, pipa yang berada di jembatan tersebut juga terhubung menuju ke Istana Bogor, kediaman Presiden Joko Widodo.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Proyek revitalisasi jembatan di Jalan Jembatan Otista, Kelurahan Baranangsiang,

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR Kota Bogor untuk pemindahan kedua pipa tersebut, dengan tidak mengganggu pelayanan air bersih kepada masyarakat, terutama di wilayah Tegallega, Tegal Manggah, Babakan, Cidangiang, Kompleks IPB, Bogor Baru dan sekitarnya,” ujar Ardani, kepada wartawan, Selasa, 16 Mei 2023.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Rencana relokasi pipa akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pemutusan sementara pipa AC 6” dan pembuatan jembatan sementara pipa AC diameter 15” beserta relokasi pipa tersebut. Kedua, pembangunan jembatan permanen untuk pipa HDPE 6” dan HDPE 16”. “Dalam kegiatan tersebut sekaligus kita melakukan penggantian pipa AC menjadi pipa HDPE dengan panjang 250 meter,” kata Ardani.

“Kami terus berkoordinasi dengan PUPR untuk realisasi rencana kegiatan yang pertama, pihak PUPR harus segera membangun jembatan sementara agar kita dapat merelokasi pipa AC 15”. Karena kalau pipa tidak terelokasi akan menghambat kegiatan konstruksi pembangunan jembatan Otista. Untuk merelokasi secara keseluruhan, kita menunggu pembangunan jembatan pipa permanen selesai," katanya.

Ardani akan terus berkoordinasi dengan PUPR agar pipa Tirta Pakuan tidak sampai terganggu oleh kegiatan pembongkaran, karena pasokan air bersih di pipa eksisting masih berjalan. “Seperti kejadian beberapa hari lalu, saat pipa kita ada masalah, langsung bisa cepat diperbaiki. Tapi kami berharap kejadian-kejadiaan seperti itu tidak terjadi lagi selama proses revitaliasi,” kata mantan Manager Perencanan dan Pengawasan Teknik Tirta Pakuan itu.

Upacara penyambutan kenegaraan kedatangan Presiden Vietnam di Istana Bogor

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Kegiatan pembangunan jembatan Otista berlangsung selama delapan bulan, dimulai pada Mei dan ditarget selesai pada 8 Desember 2023. Selama proses pembangunan jembatan tersebut, jalan Otista akan ditutup. Pembangunan jembatan Otista ini dilakukan lantaran terdapat bottleneck atau penyempitan jalan sehingga menyebabkan kemacetan di sekitar kawasan Tugu Kujang.

"Berdasarkan kajian maka tidak ada pilihan lain kecuali melebarkan jembatan ini untuk melancarkan arus lalu lintas dan penting untuk warga Bogor menyesuaikan, selama jalan Otista ditutup maka akan ada pengalihan arus lalu lintas," kata Wali Kota Bogor Bima Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya