TV Analog Segera Dimatikan di Makassar, antv Sosialisasi dan Bagikan STB

Tim antv sosialisasi dan bagikan STB di Makassar
Sumber :
  • Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

VIVA Nasional – Peralihan teknologi televisi dari analog ke digital (Analog Switch Off/ASO) akan segera diberlakukan di Makassar. Rencana itu akan dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) jika pendistribusian set top box (STB) di Makassar mencapai 90 persen.

Meriahnya Malam Puncak HUT ANTV, Ayu Ting Ting Ketemu Boy William Hingga Dewi Perssik Dilamar

Berdasar data sementara Kominfo, saat ini total pendistribusian STB itu sudah mencapai 82,5 persen. Sehingga kemungkinan besar 20 Mei 2023 mendatang siaran TV Analog akan dimatikan.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tim antv terus melakukan inovasi dengan mengunjungi langsung rumah warga untuk sosialisasi. Sosialisasi kali ini dilakukan antv di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tak hanya sosialisasi, Tim antv juga menberikan secara gratis STB kepada warga di kawasan Kecamatan Biringkanaya.

Sibuk Urus Anaknya yang Baru Lahir, Denny Caknan Akhirnya Tampil On Air

Manager Corporate Communications antv Riyandri Tjahjadi mengatakan, kedatangan antv ke rumah-rumah warga di Makassar sebagai bentuk terima kasih karena tetap setia bersama program-program antv. Selain itu, sosialisasi itu juga untuk memberi kemudahan pada warga dalam menghadapi peralihan siaran televisi di Indonesia.

ANTV sosialisasi dan bagikan STB di Makassar

Photo :
  • Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
Kolaborasi HUT ANTV ke-31: Ayu Ting Ting-Bilqis, Happy Asmara-Denny Caknan, Putri Ariani-Alan Walker

Riyandri menyebut bahwa warga tak perlu mencemaskan meski siaran TV analog akan dimatikan. Sebab, warga akan mudah untuk mengakses siaran digital antv.

“Khususnya di wilayah Makassar dan sekitarnya, pemirsa hanya perlu membeli Set Top Box (STB) bersertifikat dan menghubungkannya dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2,” ungkapnya

Adapun caranya, kata dia, pertama siapkan STB dan antenyna. Lalu pastikan TV dalam mode AV. Kemudian pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB.

Setelah itu, pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB. Lalu, nyalakan STB, dan atur LCN dalam keadaan hidup/ON agar langsung memperoleh channel digital antv.

“Sekarang cari channel digital di Makassar lebih gampang. Masukan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal. Terskhir, Klik pencarian otomatis dan siaran TV digital siap ditonton,” paparnya.

Di sisi lain, lanjut dia, bahwa untuk memastikan antena UHF (outdoor) dalam kondisi baik dan di posisi yang benar. Siaran digital antv di wilayah Sulawesi Selatan ada di UHF 40.

Selain itu, untuk warga yang telah menggunakan STB tetapi belum bisa menemukan siaran digital caranya dapat melakukan scan  ulang TV dan memastikan antena UHF dalam kondisi baik dan di posisi yang benar.

Untuk diketahui, ASO atau peralihan TV analog ke TV digital dijadwalkan mulai tanggal 20 Mei 2023 mendatang khusus Wilayah Sulsel-1. Meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Data Kementerian Kominfo pada wilayah Sulsel-1 per tanggal 10 Mei 2023, Kota Makassar capai distribusi STB tertinggi yakni 82,5 persen. Sementara STB Kabupaten Gowa telah terdistribusi 39,9 persen, Kabupaten 53,9 persen, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan 37,3 persen dan Kabupaten Takalar 20 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya