Istri Muda Eks Gubernur Aceh Diperiksa KPK

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersiap menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA Nasional – Istri muda Irwandi Yusuf, Fenny Steffy Burase diperiksa KPK terkait kasus gratifikasi proyek pembangunan infrastruktur di Sabang yang menjerat Izil Azhar alias Ayah Merin.

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Steffy diperiksa sebagai saksi. Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri membenarkan pemeriksaan tersebut.

"Pemeriksaan saksi TPK gratifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur di Provinsi Aceh. Atas nama Fenny Steffy Burase," kata Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, 19 Mei 2023.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Ali tak menjelaskan secara detail alasan Steffy diperiksa terkait perkara itu. Selain Steffy, Istri Irwandi Yusuf lainnya yaitu Darwati A Gani sudah terlebih dulu diperiksa KPK.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Gugat Dewas ke PTUN, Sebut Kasusnya Expired

Sebelumnya, mantan Panglima GAM sekaligus tersangka kasus gratifikasi Izil Azhar yang menjadi perantara gratifikasi Irwandi ditangkap usai sempat menjadi buron selama empat tahun.

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (kiri) meninggalkan ruang sidang seusai menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Izil Azhar diketahui menjadi orang kepercayaan dari mantan Gubernur Aceh periode 2007 - 2012, Irwandi Yusuf. Mantan Panglima GAM itu menjadi perantara aliran dana gratifikasi dan turut menikmati hasil tersebut.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak sebelumnya pada Kamis 26 Januari 2023 mengatakan, dana gratifikasi sebesar Rp32,4 miliar itu digunakan Irwandi Yusuf untuk operasional dan turut dinikmati oleh Izil Azhar.

"Uang gratifikasi yang berjumlah Rp32,4 Miliar selanjutnya dipergunakan untuk dana operasional Irwandi Yusuf dan juga turut dinikmati tersangka IA," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya