Viral Kadinkes Banten Ati Pramudji Punya Harta Rp 24 Miliar

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banten, Ati Pramudji Hastuti
Sumber :
  • Situs Dinas Kesehatan Provinsi Banten

VIVA Nasional – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banten, Ati Pramudji Hastuti saat ini tengah menuai sorotan dari masyarakat terkait harta kekayaannya. Sebab, diduga harta kekayaan Ati tercatat lebih besar dari Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, yang diketahui memiliki gaya hidup hedon.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Harta kekayaan Ati tercatat sebesar Rp 24,5 miliar atau lebih besar dari Reihana yang sebesar Rp 2,7 miliar. Adapun hal tersebut menjadi viral setelah akun Twitter @bung_madin. 

"Kekuatan mafia kesehatan provinsi Banten," cuitnya dikutip pada Sabtu, 20 Mei 2023. 

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Sebut Anak Perempuan Tak Boleh Beri Nafkah Ke Ayahnya Jika...

Akun itu menyebutkan bahwa Ati sangat sadis. Sebab, dibalik derita anak-anak di Banten adalah sosok Ati. 

"Dibalik 'menderitanya' anak-anak di Banten, akan tetapi tidak bagi seorang Kadinkes Banten, yang bernama Ati Pramudji, yang telah menjadi orang nomor satu 'ASN terkaya' di Provinsi Banten. Fasilitas kesehatan di Banten pun, termasuk kedalam pelayanan publik yang sangat buruk," ujarnya. 

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK tahun 2022, Ati tercatat memiliki total harta sebesar Rp 24.588.195.207 atau Rp 24,5 miliar. 

Pun, Ati tercatat tidak memiliki utang. Kemudian, harta bergerak lainnya sebesar Rp 813.345.306 atau Rp 813 juta. Serta harta lainnya sebesar Rp 3.335.100.000 atau Rp 3,3 miliar. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banten, Ati Pramudji Hastuti

Photo :
  • Situs Dinas Kesehatan Provinsi Banten

Ati berdasarkan LHKPN memiliki tanah dan bangunan dengan total Rp 18.325.000.000 atau Rp 18 miliar. Jika dijumlahkan, Ati memiliki tanah dan bangunan sebanyak 13 yang tersebar di Tangerang, Jakarta, Yogyakarta, Bogor, dan Badung. 

Selain itu, Ati juga tercatat memiliki kekayaan alat transportasi dan mesin senilai Rp 430.000.000 atau Rp 430 juta. Dalam hal ini diantaranya mobil Hinda Brio RS Minibus tahun 2019 dan mobil Honda HR -V E CVT Minibus tahun 2020.

Namun, sampai berita ini ditayangkan belum ada keterangan resmi dari Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji maupun pihak Pemerintah Provinsi Banten.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai bahwa harta kekayaan yang dimiliki Reihana saat ini ada kejanggalan. Pasalnya, harta kekayaan dia cuma senilai Rp 2 Miliar padahal sudah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) selama 14 tahun. 

Reihana tercatat punya harta kekayaan sebanyak Rp 2,7 miliar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada tahun 2022. KPK pun merasa ada sebuah kejanggalan jika dibandingkan dengan jangka waktu pendapatan Reihana selama bekerja.

"Kecil lah 14 tahun jadi (kepala) dinas masa hartanya cuman Rp 2 miliar. Yang bener-bener aja," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kepada wartawan, Rabu 10 Mei 2023.

Pahala pun menilai bahwa pasti harta Reihana lebih daripada itu. Pasalnya, laporan harta kekayaan Reihana yang terbaru itu dibuatkan oleh stafnya.

"Kalau dikumpulin dia jadi Dewan Pengawas di dua tempat. Pokoknya pendapatannya harusnya enggak segitu," tutur Pahala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya