Mahfud Ungkap Kelemahan Laut Teritorial RI: Hampir Setiap Hari Kapal Asing Curi Ikan Kita

Menko Polhukam, Mahfud MD
Sumber :
  • Kemendagri

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengungkapkan kelemahan kebijakan laut teritorial di Indonesia. Mahfud MD mengatakan bahwa hampir setiap hari kapal asing menyelundup dan mencuri ikan-ikan yang berada di laut teritorial Indonesia. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Namun, kapal asing tersebut lewat begitu saja dan tak mendapatkan sanksi.

"Teritori kita agak lemah di bidang politik. Misalnya di barat dan di timur kita agak menghadapi gangguan, di barat masuknya kapal-kapal asing di Natuna Utara itu. Hampir setiap hari kapal asing masuk menyelundup mencuri ikan lewat gitu aja," kata Mahfud MD, dikutip Senin, 22 Mei 2023.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menurutnya, Indonesia membiarkan kapal asing itu hanya lewat begitu saja setalah mencuri ikan, bukan karena takut. Melainkan, karena tidak dapat mengatasi hal tersebut. Mahfud menyebut, faktor kelemahan kita juga terdapat pada teknis yakni peralatan yang kurang mendukung.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

"Kadang kala kita tidak bisa mengatasi, bukan takut, alatnya nggak cukup. Mereka kapalnya besar gede cepat sekali, dikejar kapal kita 'tek ketek ketek' tahun 45," katanya.

Kendati demikian, Indonesia masih berupaya untuk mencari solusi untuk menjaga keamanan laut Indonesia. Namun, Mahfud juga mengakui peralatan yang dimiliki Indonesia masih cukup jauh untuk melawan kapal asing yang kerap menyusup di lautan Indonesia.

"Nah itu yang sekarang sedang kita pikirkan bersama bagaimana kekuatan laut kita. Seperti dulu ada dalam geopolitik yang disampaikan Bung Karno itu supaya dihidupkan lagi semangat kebesaran Indonesia minimal dulu di Asia menjadi sangat berkekuatan militer yang cukup disegani," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya