Masuk Tol Gresik Gegara Salah Setting Google Maps, Sejoli Pemotor Minta Maaf

Tangkapan layar video pengendara motor masuk jalan Tol Kebomas, Gresik.
Sumber :
  • TikTok @wakbreng77

VIVA Nasional – Sebuah video yang memperlihatkan sejoli menunggangi sepeda motor masuk jalan Tol Kebomas, Gresik, Jawa Timur, viral di media sosial. Usut punya usut, mereka masuk ke jalan tol karena diarahkan Google Maps yang masih ter-setting untuk mobil.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Video pemotor yang masuk Tol Kebomas itu di antaranya diunggah oleh akun TikTok, @wakbreng77. Dalam video berdurasi 29 detik itu, pemotor yang berboncengan itu terlihat melaju dengan santai di pinggir jalan tol. 

Si wanita yang dibonceng terlihat memegang telepon pintar, seperti mengamati penunjuk arah di Google atau Google Maps. Sontak aksi keduanya memantik pengendara mobil merekam melalui aplikasi video di smartphone. 

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

"Hahahaha... Ya Allah, kok iso masuk jalan tol, cak, sampean," kata pengendara mobil yang merekam kejadian itu.

Tangkapan layar video pengendara motor masuk jalan Tol Kebomas, Gresik.

Photo :
  • TikTok @wakbreng77
Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Kepala Unit Patroli Jalan Raya 2 pada Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Ajun Komisaris Polisi Ega Prayudi menjelaskan, peristiwa pengendara motor masuk jalan tol itu terjadi pada Minggu, 21 April 2023, sekitar pukul 17.46 WIB. 

Ega menjelaskan, penyelidikan motor M Nasir (38 tahun), warga Sampang, Madura. Mengendarai Honda Beat Nopol M 3441 IF, Nasir yang membonceng pasangannya itu melaju dari Tandes, Surabaya, hendak menuju Gresik. 

Agar tidak kesasar, wanita yang dibonceng kemudian menggunakan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk arah. Masalahnya, lanjut Ega, mereka belum mengubah setting Google Maps dari mobil untuk sepeda motor. Jadi Nasir melajukan motornya ke jalan tol.

Ega mengatakan, pemotor tersebut baru berhenti ketika terjaring petugas Jasa Marga di Romo Kalisari. Setelah memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan, mereka kemudian diarahkan keluar dari jalan tol. "Mereka mengaku kesasar karena melihat GPS," katanya dikonfirmasi wartawan, Senin, 22 Mei 2023.

Putra dari komedian Tukul Arwana itu menambahkan, pengendara motor tersebut juga meminta maaf karena sudah masuk ke jalan tol yang bukan untuk sepeda motor. "[Mereka] juga membuat pernyataan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama," ujar Ega.

Dia mengatakan, kejadian pesepeda motor masuk ke jalan tol karena disasarkan Google Maps tidak hanya kali itu saja. Karena itu, Ega mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan petugas tol agar menghentikan pengendara roda dua saat di pintu masuk tol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya