Viral Lagi, Video Johnny Plate Tak Berkutik Dicecar DPR Soal Anggaran Janggal

Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Sebuah video rapat antara Menkominfo Johnny G Plate dengan Komisi I DPR RI pada 2022 lalu kembali viral usai adanya penetapan tersangka yang diputuskan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI. Johnny menjadi tersangka keenam dalam kasus korupsi infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) Kominfo tahun 2020-2022.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Dalam video yang diunggah melalui akun YouTube In The World 134, nampak dimana Johnny G Plate tengah disudutkan berbagai pertanyaan dari anggota Komisi I DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Nurul Arifin

Ilustrasi rapat di Komisi II DPR RI

Photo :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita
DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Saat itu, Nurul mempertanyakan anggaran program senilai Rp12,612 triliun yang tidak dijelaskan Plate. Sementara, saat itu, Plate hanya terlihat menggeleng-gelengkan kepalanya saat Nurul meminta penjelasan terkait dana anggaran tersebut.

"Program lainnya sebesar Rp12,612 triliun, ini kebutuhannya untuk apa saja pak? Sementara, bapak menyebutkan yang lain, yang ini tidak dibaca, jadi malah membuat kami bertanya-tanya karena tidak disebutkan juga begitu, ini kan uang besar ya pak," kata Nurul Arifin seperti dikutip dari tayangan video di akun YouTube In The World 134, Selasa, 23 Mei 2023.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

"Kalau bapak geleng-geleng kepala lagi, tolong jelaskan pak. Karena kami tidak mengerti dan saya ingin penjelasannya clear gitu," sambungnya.

Lebih lanjut, Nurul kembali menyoroti anggaran dana program dukungan manajemen senilai Rp27,714 miliar. Salah satu yang menjadi poin pembahasan program tersebut yakni terkait operasional dan pemeliharaan kantor, termasuk pakaian dinas.

"Di sini ada pakaian dinas, saya tidak tahu nilainya berapa. Tapi pertanyaan saya, pakaian dinasnya itu seperti apa pak? Saya tidak pernah melihat anda memakai baju seragam, yang hadir di sini saya tidak pernah melihat seragam apa. Kalau memang ada seragamnya, nilainya kita tidak tahu juga berapa," ucapnya.

Menkominfo Johnny G Plate

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, ada juga poin terkait penambahan daya tahan tubuh yang menjadi sorotan Nurul Arifin. Saat itu, Nurul mendesak Johnny G Plate untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan penambahan daya tahan tubuh. Ia bahkan mempertanyakan, bagian tubuh mana yang harus diberikan penambahan daya tahan hingga masuk ke dalam rincian anggaran.

"Kemudian, penambahan daya tahan tubuh. Apa sih itu? Tubuh yang mana? Ya kita ingin tahu gitu, ini penambahan daya tubuh kan kalau sudah dimasukkan ke sini berarti hidup dan mati," tegas Nurul Arifin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya