Masa Jabatan Pimpinan KPK jadi 5 Tahun, Novel Baswedan: Ini Kemenangan Bagi Koruptor

Mantan penyidik KPK Novel Baswedan
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, menilai perubahan masa jabatan pimpinan KPK dari 4 tahun menjadi 5 tahun, sebagai kemenangan buat koruptor.

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan Wakil Ketua KPK Nurul Gufron, terkait masa jabatan pimpinan KPK dan batas umur pimpinan. Terhadap putusan MK ini, masa tugas Firl Bahuri Cs menjadi 5 tahun.

"Selain itu belakangan kita semua prihatin dan sedih dengan perilaku pimpinan KPK yang bermasalah dan tidak memberantas korupsi. Apabila ternyata dipaksakan untuk memberikan perpanjangan waktu bagi para pimpinan KPK yang bermasalah ini, maka ini adalah kemenangan bagi koruptor dan pukulan bagi pemberantasan korupsi di Indonesia. Tentu ini akan berdampak pada Indek Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang akan kembali anjlok nantinya, dan kita semua yang akan rugi," papar Novel Baswedan, kepada wartawan, Jumat 26 Mei 2023.

Namun demikian, Novel meyakini bahwa masa jabatan pemimpin KPK menjadi lima tahun inipun bakal diterapkan pada periode setelah Firli Bahuri. "Saya yakin putusan tersebut hanya bisa dilaksanakan untuk periode berikutnya," kata dia.

Hal itu disebutkan Novel mendasar pada peraturan sebelumnya, yang menjelaskan bahwa pimpinan KPK saat ini hanya menjabat pada periode 2019-2023.

"Kepres Pimpinan KPK sekarang untuk masa tahun 2019-2023. Sehingga putusan MK tidak serta merta mengubah Kepres Pengangkatan Pimpinan KPK. Putusan MK tersebut akan menjadi dasar bagi panitia seleksi bekerja dan Setneg untuk persiapkan Kepres bagi Pimpinan KPK terpilih nantinya," kata Novel.

"Pertimbangan Hakim Konstitusi bahwa rekrutmen dan seleksi pimpinan KPK dilaksanakan oleh Presiden dan DPR baru tahun 2024 tidak mungkin bisa dilaksanakan, karena proses rekrutmen dan seleksi dilakukan mulai bulan Mei/Juni, biasanya membutuhkan waktu 4-5 bulan. Sedangkan Presiden terpilih baru dilantik pada bulan Oktober," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title