Siap Berangkatkan Calon Jemaah Haji, Bandara Kertajati Lolos Standar Internasional

Capt. Mauludin
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

VIVA Nasional – Bandar Udara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, siap digunakan untuk embarkasi haji 2023. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Capt Mauludin, menyebut bahwa bandara tersebut akan digunakan untuk calon jemaah haji dari tujuh kabupaten/kota terbang ke Arab Saudi

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Eka menyebut bahwa bandara Kertajati telah memenuhi standar internasional dari Otoritas Penerbangan Kerajaan Arab Saudi (GACA). Dia menambahkan bahwa kesiapan Bandara Kertajati bukan semata-mata penilaian dari Indonesia, namun Arab Saudi ikut terlibat di dalamnya. 

"Bandara Kertajati diberikan (izin) oleh Saudi, karena memang mereka ikut melakukan evaluasi, dan menyatakan bahwa bandara sudah memenuhi standar internasional," kata Mauludin dalam penjelasannya, di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2023. 

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Saudi Airliness dan Embassynya (kedutaan) sudah dua kali evaluasi di sana (Bandara Kertajati). Karena semuanya (persiapan) sudah beres, makanya mereka (Arab Saudi) bisa menerima," sambungnya. 

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Angkutan Udara, Eka Putu Cahyadi menjelaskan bahwa Indonesia telah dan Arab Saudi telah mendiskusikan mengenai kesiapan keberangkatan haji dari mulai Bandara Kertajati, ataupun asrama haji. 

"Jadi ini sudah melalui asesmen. Jadi bukan kita sendiri yang menyatakan Kertajati ready, enggak. Sebelumnya sudah mengantongi perizinan dari Arab Saudi. Jadi kedua belah pihak sudah confirmed," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah telah menyediakan beragam privilege bagi calon jemaah haji lansia. Hal tersebut mengacu pada angka jemaah haji lansia sebanyak 30 persen dari jumlah jamaah haji yang diberangkatkan pada tahun 2023. 

Jemaah haji lansia nantinya akan mendapat beragam fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, mulai dari fasilitas di asrama haji hingga sampai di Arab Saudi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya