LaNyalla Mau Wujudkan Rencana Sister City antara Kota di Jepang dengan Indonesia

Ketua DPD RI LaNyalla kunjungan kerja ke Jepang
Sumber :
  • Dokumentasi DPD RI

VIVA Nasional – Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti bertemu dengan Wali Kota Nara, Nakagawa dalam kunjungan kerjanya ke Jepang. Dalam Pertemuan tersebut, LaNyalla mendorong terwujudnya wacana kerjasama Sister City atau Sister Province antara Indonesia dan Jepang.

Jadi Makanan Favorit Anak Muda, Apakah Ramen Baik untuk Kesehatan?

"Tahun 2012 sudah ada wacana untuk menjadikan Kota Nara dan Kota Solo di Jawa Tengah sebagai sister cities. Sekaranglah saatnya kita konkretkan wacana itu, baik dengan kota Solo maupun dengan kota-kota lainnya di Indonesia, misalnya Yogyakarta, Semarang, atau Surabaya, ibukota provinsi Jawa Timur yang saya wakili sebagai Senator di DPD RI," ujar LaNyalla, Sabtu 27 Mei 2023.

Ketua DPD RI LaNyalla kunjungan kerja ke Jepang

Photo :
  • Dokumentasi DPD RI
Kasus DBD di Depok Melonjak, Wali Kota Keluarkan SE Kesiapsiagaan Cegah KLB

Menurut LaNyalla, daerah-daerah di Indonesia memerlukan investasi di berbagai bidang. Salah satu caranya adalah menjalin kerjasama sister city dan sister province dengan Indonesia.  

Ditambahkan LaNyalla, selama ini hubungan Jepang-Indonesia difokuskan hanya pada kemitraan bisnis. Padahal hidup ini bukan hanya urusan bisnis. Kedua negara bisa membangun kemitraan di bidang pengembangan budaya dengan menggunakan teknologi Jepang. 

Kemnaker Tingkatkan Program Pemagangan, Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang Untungkan Kedua Negara

"Misalnya meningkatkan kualitas produk-produk budaya untuk mendukung industri pariwisata, termasuk kerajinan tangan yang dihasilkan oleh industri rumahtangga. Juga membangun situs-situs budaya untuk keperluan ilmiah sekaligus sebagai obyek wisata mancanegara. Ini semua bisa dikerjasamakan jika kita bisa memperluas cakupan hubungan bilateral Jepang-Indonesia," kata dia.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Photo :
  • Dokumentasi DPD RI

Untuk bisa memperoleh gambaran seutuhnya tentang pengembangan kerjasama budaya dengan Indonesia, LaNyalla mengundang Wali kota berwisata ke daerah-daerah di Indonesia. 

"Kami sudah datang ke sini, sekarang giliran Pak Walikota berkeliling ke negeri kami. Para Senator yang datang bersama saya ini akan dengan senang hati menyambut Pak Walikota di provinsinya masing-masing," kata LaNyalla.

Lanjut LaNyalla, masa depan hubungan bilateral berada di tangan generasi muda. Tugas para orangtua adalah mempertemukan dan mendorong agar generasi muda Jepang dan Indonesia lebih akrab lagi menjalin persahabatan. 

Ketua DPD RI LaNyalla saat kunjungan kerja ke Jepang

Photo :
  • Dokumentasi DPD RI

Baik melalui kampus-kampus, maupun melalui pertukaran kunjungan antar generasi muda, atau pun pertukaran delegasi seni dan budaya. 

"Pak Wali kota bisa memulai hal ini dengan mengirim satu delegasi pemuda-pemudi Jepang untuk menjalin hubungan budaya dengan Indonesia. Misalnya saat kami merayakan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober. Supaya kita membalikkan sejarah, bahwa kalau dulu generasi tua bermusuhan, sekarang generasi muda bersahabat untuk membangun masa depan bersama yang lebih baik," ucap dia.

Dalam kunjungan kerjanya ke Jepang, LaNyalla didampingi Wakil Ketua DPD  RI Mahyudin dan Sultan B Najamudin serta 16 Senator, yaitu, Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, Eni Sumarni, Marthin Billa, Faisal Amri, Edwin Pratama Putra, Eva Susanti, Bustami Zainudin, Richard Hamonangan Pasaribu, Asep Hidayat, Tgh Ibnu Halil,  Christiandy Sanjaya, Zakaria Bahasyim, Maya Rumantir, Tamsil Linrung, Novita Anakotta dan Filep Wamafma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya