Peringati Bulan Pancasila, Yudi Latif hingga Letjen Saiful Akan Jadi Pembicara Program 3K

Ilustrasi peringatan Hari Pancasila
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVA Nasional - Hari Pancasila yang diperingati setiap bulan Juni jadi perhatian sejumlah elemen masyarakat di Tanah Air. Salah satunya Nusantara Centre bekerjasama dengan Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri (Foko) menggelar program Kelas Karakter Konstitusi (3K).

8 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Direktur Eksekutif Nusantara Centre, Yudhie Haryono menjelaskan program 3K juga menggandeng Pusaka Indonesia. Dia mengatakan akan ada rangkaian kegiatan seperti 3K selama bulan Pancasila pada Juni.

"Kegiatan ini akan diikuti peserta sebanyak 45 mahasiswa dan umum dari kampus dan ormas di DKI Jakarta," kata Yudhi, dalam keterangannya, Sabtu, 27 Mei 2023.

Dian Sastrowardoyo Ungkap Pengalaman Jadi Murid Rocky Gerung: Itu Nightmare Gue!

Dia menyampaikan nantinya kegiatan 3K nanti berdurasi 3 jam dari pukul 13.00-16.00 wib. Kegiatan itu akan dilakukan dalam 5 kali pertemuan pada setiap Sabtu.

Garuda Pancasila

Photo :
  • Istimewa
Biaya Kuliah di Indonesia Masih Butuh Gotong Royong

Menurut dia, akan dihadirkan sejumlah tokoh yang jadi narasumber dalam 3K antara lain Yudi Latif, Letjen (Purn) Saiful Sulun, Setiyo Hajar Dewantoro. Selain itu, ada Letjen (Purn) Kiki Syahnakri, Yudhie Haryono, dan Letjen (Purn) Bambang Darmono.

"Sedangkan fasilitator kegiatannya adalah Asy’ari Muchtar, Setio Wibowo, Irma Suryani, Yudi Pratama, Bustanul Iman, dan Danil Akbar," jelas Yudhi.

Pun, dia menambahkan para peserta nanti akan dapat modul/buku Karakter-Mental Pancasila (KMP). Ia bilang kegiatan kuliah ini akan gunakan metode klasikal, menulis, presentasi, diskusi dan kunjungan ke museum AH Nasution di Menteng.

"Peserta berkewajiban membuat tulisan dan berita yang berhubungan dengan kegiatan. Peserta juga berhak mendapat sertifikat, buku ajar dan jaringan," tutur Yudhi.

Dia menambahkan selama kegiatan akan berlangsung di Kantor Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri (FOKO), Jl. Senen Raya No.18, Senen, Kota Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Yudhi mengatakan selama kegiatan akan punya sejumlah buju rujukan seperti Risalah Sidang BPUPK, Aliansi Kebangsaan, Syafruddin Bahar, Jakarta, 2014. Lalu, ada juga Logika Berpancasila, Kalam Nusantara, Yudhie Haryono, Jakarta, 2023. Kemudian, Kaji Ulang Perubahan UUD 1945, Foko, Kiki Syahnarky, Jakarta, 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya