Innalillahi, Dua Calon Jemaah Haji Asal Jawa Timur Wafat di Madinah

Bandara International Ameer Mohammed Bin Abdulazis, Madinah
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Nasional - Kabar duka datang dari Madinah, Arab Saudi. Dua calon jemaah haji asal Jawa Timur meninggal dunia di hari kelima pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Surabaya. Kedua jemaah yang wafat itu ialah Ahmad Suhadak Riduwan dan Lengen Delem Dussalam.

Hidup dengan Kepala Menempel Selama 62 Tahun, Kembar Siam Tertua di Dunia Tutup Usia

Suhadak adalah anggota jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 9 asal Kebomas, Kabupaten Gresik. Laki-laki berusia 53 tahun itu mengembuskan napas terakhir pada Sabtu, 27 Mei 2023, sekira pukul 09.00 waktu Madinah. Tidak dijelaskan Suhadak meninggal karena penyakit apa.

Sementara almarhum Lengen Delem Dusaalam adalah anggota jemaah haji Kloter 1 dari Bangkalan, Madura. Laki-laki berusia 90 tahun itu wafat di rumah sakit setempat pada Sabtu malam kemarin sekira pukul 22.30 waktu setempat. Penyebab meninggalnya almarhum juga tak dijelaskan.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

390 Jemaah Haji Asal Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah

Photo :
  • Istimewa

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram, menjelaskan, kedua almarhum dimakamkan di Madinah, Arab Saudi. Dia berdoa keduanya semoga husnul khatimah. "Karena meninggal di momen melaksanakan ibadah haji dan di tempat yang penuh berkah, yaitu di Madinah," katanya, Minggu, 28 Mei 2023.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Selain meninggal di Madinah, tiga anggota jemaah haji asal Jatim lainnya dilaporkan meninggal dunia sebelum diterbangkan ke Tanah Suci. Mereka meninggal dunia di daerahnya masing-masing. Dengan demikian, total jemaah haji yang meninggal hingga saat ini sebanyak lima orang.

Jamaah tertua asal embarkasi Surabaya Sukinah 93 tahun (pakai kursi roda)

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

Kepada semua jemaah haji, Maram berpesan agar mengikuti seluruh arahan petugas haji, termasuk soal kesehatan. Apalagi, suhu di Arab Saudi saat ini mencapai 42-50 derajat celcius. Jemaah diminta membawa bekal air minum agar tidak mengalami dehidrasi. Jemaah haji juga diminta selalu memakai alas kaki.

Hingga hari ini, Minggu, 28 Mei 2023, jemaah haji Embarkasi Surabaya yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 4.906 orang. Rinciannya, 4.851 jemaah haji dan 55 orang petugas haji. Pada Minggu ini, tiga kloter masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya, yakni Kloter 12, 13, dan Kloter 14.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya