Momen Ganjar Diminta Jaga Toleransi dan Persatuan oleh ke Kiai Sepuh Banten

Ganjar Pranowo kunjungi kediaman Abuya KH Tubagus Ahmad Syadzili Wasi, Banten
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo mengunjungi kediaman kiai sepuh dari Kesultanan Keraton Surosowan Banten, Abuya KH Tubagus Ahmad Syadzili Wasi di Jalan Raya Banten, Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten, Minggu 28 Mei 2023. Ganjar yang mengenakan baju koko putih lengkap dengan kopiah hitam langsung dijamu hangat oleh Abuya KH Tubagus Ahmad.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Selain itu, ada juga puluhan kiai sepuh atau khos dari Banten yang menyambut hangat Ganjar. Di antaranya KH Muhidin Arif, KH Safrudin Isro, KH Hidayatullah, KH Fathulloh, KH Yamleh, KH Mahmudi Al Mubarok, KH Rowadi, KH Arasy Hasbullah, KH Aan Burhanudin, hingga KH Oman Abdul Rohman.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menhub Budi Karya Sumadi

Photo :
  • Istimewa
Rupanya Denny Caknan Konsultasi dengan Ulama Sebelum Nikahi Bella Bonita

Di Kediaman Abuya KH Tubagus Ahmad, Ganjar duduk bersama puluhan kiai sepuh Banten. Ganjar tampak hangat berbincang-bincang dengan para ulama khos tersebut.

Ganjar menjelaskan, ada banyak nasihat yang diberikan para kiai sepuh Banten. Salah satunya terkait pesan-pesan dalam menjaga toleransi, keberagaman, hingga persatuan.

Hotman Paris Sindir Kubu Amin dan Ganjar: Jangan Nangis Kalau Kalah

“Banyak nasihat-nasihat yang sifatnya untuk kemasyarakatan yang luar biasa lah. Bagaimana kita harus saling menghargai, bagaimana kita menghormati, suka tolong-menolong,” kata Ganjar, Minggu, 28 Mei 2022

Ganjar mengatakan, sudah sepatutnya nilai-nilai tersebut diterima dan diterapkan oleh generasi muda bangsa. Oleh sebab itu, kata Ganjar, ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari kesultanan Banten itu.

“Memiliki nilai-nilai yang kalau kita yang muda-muda ini mendapatkan petuah dari orang tua agar semuanya inget. Ditunjukkan oleh banyak tokoh dari Banten ini kalau mau belajar toleransi ya di sini,” kata Ganjar.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar diberikan kopiah dan sorban batik kesultanan dari ulama kesultanan Banten. Perwakilan Kesultanan Keraton Surosowan Banten Abuya KH Tubagus Muhammad Hassan Fuad pun menyambut hangat bacapres berambut putih itu.

“Alhamdulillah kami atas nama keluarga besar kesultanan banten tentu merasa berterima kasih dan bersyukur atas kunjungan beliau dan kemudian beliau juga menengok kakanda kami,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke Gus Baha

Photo :
  • Istimewa

KH Tubagus Muhammad Hassan pun mendoakan kesehatan dan keselamatan Ganjar. Beliau juga mendoakan agar hajat Ganjar senantiasa dikabulkan.

Selain sowan ke kiai sepuh, Ganjar juga melakukan ziarah qubro di makam Sultan dari Kesultanan Keraton Surosowan Banten, Sultan Maulana Hasanudin. Ganjar melakukan ziarah qubro bersama ribuan jemaah yang terdiri dari kiai khos dan para santri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya