Ada Siklon Tropis Mawar, Ini Dampaknya di NTB

Kondisi Kabut Pagi Hari di Desa Tempos, Lombok Barat NTB
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar

VIVA Nasional – Adanya Siklon Tropis Mawar di Laut Filipina, membuat adanya daerah pertemuan massa udara (konvergensi) di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Suhu permukaan laut di NTB tercatat berada pada kisaran 26,0 derajat celcius sampai 30,0 derajat celcius dengan anomali -1,0 derajat celcius hingga 1,5 derajat celcius.

Selain itu, angin permukaan di NTB bertiup dengan variasi arah dominan dari timur ke selatan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 37 kilometer per jam.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Aprilia Mustika Dewi, mengatakan ada potensi kecepatan angin di NTB.

“Waspada adanya potensi peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB. Waspada tinggi gelombang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan dan Samudera Hindia Selatan NTB,” katanya, Minggu, 28 Mei 2023.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Selain itu, dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya gelombang tinggi 2 meter atau lebih.

“Waspada tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan dan Samudera Hindia Selatan NTB,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya