Kapolri Kirim 31 Personel ke Arab Saudi jadi Petugas Haji 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) di Mabes Polri.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

VIVA NasionalKepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengirim 31 personel untuk bertugas sebagai Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada penyelenggaraan musim haji 1444 H/2023.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Dedi Prasetyo membenarkan ada sejumlah personel Polri yang bertugas sebagai PPIH Arab Saudi untuk penyelenggaraan haji 2023.

Menurut dia, 31 personel Polri yang dikirim ke Arab Saudi ini sesuai Surat Perintah Kapolri dengan nomor: SPRIN/V/BIN.1.1/SSDM yang diterbitkan pada bulan Mei 2023. Sementara, 31 personel Polri yang ditugaskan mulai dari bintara hingga perwira menengah (Pamen).

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Yaitu 12 orang perwira menengah, 16 orang perwira pertama, dan tiga orang Bintara. Mereka ditugaskan di bandara satu orang, 14 orang tugas di Madinah dan 16 orang tugas di Makkah. Lalu, lima orang tenaga medis dari satuan kerja Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri, dan sisanya satuan kerja lain di tingkat Mabes Polri maupun Polda jajaran.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

“Seluruh personel Polri yang bertugas sebagai PPIH langsung di bawah kendali Kementerian Agama RI,” kata Dedi saat dikonfirmasi pada Senin, 29 Mei 2023.

Oleh karena itu, Dedi berharap seluruh personel Polri dapat menjalankan tugas dengan baik melayani jamaah haji agar bisa beribadah dengan lancar dan kembali dalam keadaan sehat. Terutama, kata dia, memberi pelayanan optimal kepada jemaah calon haji lanjut usia (lansia) yang mencapai 64.000.

“Tugas utama personel adalah kemanusian, dan untuk mengantisipasi apabila jemaah haji ada permasalah hukum, maka petugas Polri akan membantu membantu mengkoordinasikan dengan kepolisian setempat,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya