Gubernur Khofifah Sambangi Jemaah Haji yang Sepuh di Moment Hari Lansia

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Menyapa Jemaah Haji Lansia
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyambangi jemaah haji yang sudah sepuh di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES). Kunjungan ketiga kalinya itu, dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (lansia) atau Hari Lansia Nasional tahun ini, Senin 29 Mei 2023.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Jemaah haji lansia yang disapa Khofifah, ialah mereka yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 17 dari Kabupaten Sidoarjo. Saat disambangi, jemaah baru masuk di AHES dan menjalani pemeriksaan dokumen dan kesehatan di Gedung Muzdalifah.

Kepada para jemaah, terutama yang tergolong lansia, Khofifah mendoakan agar senantiasa diberi kemudahan dan kesehatan selama mengikuti proses pemberangkatan, melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, hingga pulang kembali ke Tanah Air. 

Heru Budi Mengaku Tak Tahu soal Anggaran Restorasi Rumah Dinas Capai Rp 22 M

“Semoga Allah memberikan kemudahan mulai perjalanan dari asrama haji, dimudahkan perjalanan di pesawat, dimudahkan pada saat di Raudah, dimudahkan pada saat umrah, dimudahkan pada saat di Arafah, dimudahkan pada saat di Mina, dimudahkan pada saat ibadah dan pulang menjadi haji mabrur," kata Khofifah.

Tak lupa, Ketua Umum PP Muslimat NU, itu meminta jemaah agar mendoakan masyarakat Jawa Timur. "Bapak Ibu sehat, kami juga sehat, bapak ibu selamat kami juga selamat, bapak ibu mendapatkan limpahan berkah, kami juga dapat berkah,” imbuh Khofifah.

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, Husnul Maram, menjelaskan bahwa pihaknya menerapkan pelayanan dengan memegang prinsip berkeadilan dan ramah lansia. Pelayanan terhadap jemaah haji kategori lansia sangat diperhatikan. 

Maram menambahkan, jemaah Kloter 17 dari Sidoarjo terdiri dari 445 orang. Rinciannya, 440 orang jemaah haji dan lima orang petugas haji. Dari jumlah itu, 89 orang di antaranya kategori lansia. Rinciannya, 74 orang berusia 65-74 tahun dan tiga orang berusia di atas 85 tahun. Jemaah tertua berusia 90 tahun dari Kecamatan Tulangan.

Secara umum, total jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Surabaya sebanyak 36.938 orang. Mereka berasal dari Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Mereka terbagi menjadi 84 kloter. Dari jumlah itu, 11.274 orang di antaranya kategori lansia. Anggota jemaah haji tertua ialah Mbah Harun dari Pamekasan, Madura, yang berusia 119 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya