4 Jemaah Haji Lansia Asal Palembang Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

Jemaah haji asal Palembang jelang keberangkatan ke Tanah Suci
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA Nasional – Sebanyak 357 jemaah haji (JCH) Embarkasi Palembang asal Kabupaten OKU Timur berangkat dari Palembang menuju Madinah, pada Senin, 29 Mei 2023. Tiga jemaah terpaksa ditunda berangkat karena sakit, yaitu Mursidah (91), Sumiatun (92), dan Dul Rahman (68).

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan, Syafitri Irwan, melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Armet Dachil mengungkapkan, hingga hari ini total jemaah yang sudah diberangkatkan melalui Embarkasi Palembang berjumlah 1.075 jamaah, termasuk 15 petugas.

Satu jamaah meninggal dunia atas nama Turiyah (71), dan empat jemaah masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan. Di mana, satu jemaah lain yang juga ditunda keberangkatannya ialah, Kartila (63), jemaah asal Prabumulih dari Kloter kedua.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

"Ada empat orang yang masih dirawat, satu dari kloter 2 dan tiga dari kloter 3. Kondisi kesehatannya belum memungkinkan untuk laik terbang. Kita berharap kondisi yang bersangkutan segera pulih dan dapat segera diterbangkan di kloter selanjutnya," ujar Armet.

Kloter 3 sendiri dilepas sekitar pukul 14.00 WIB di Aula Asrama Haji Palembang oleh Kepala Bagian Agama Biro Kesra Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Sunarto. Dia berpesan kepada jemaah haji untuk saling menjaga dan membantu sesama.

Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

"Yang muda tolongin yang tua-tua ini, saling jaga. Alhamdulillah bapak/ibu bisa diberangkatkan. Oleh karena itu patut bersyukur. Selain itu ilmu yang diterima saat manasik haji kiranya dapat dipahami sehingga bapak dan ibu benar-benar bisa khusyuk beribadah," pesan Sunarto.

Dia juga berpesan untuk menjaga nama baik Sumatera Selatan dan Indonesia.

"Selamat menunaikan ibadah haji mudah-mudahan diberi kelancaran menjalankan ibadah haji. Serta selamat kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya