Wakil Bupati Meranti Diperiksa KPK, Ditanya Motif M Adil Korupsi Buat Nyagub

Juru bicara KPK Ali Fikri
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA Naisonal Wakil Bupati Meranti, Asmar sudah rampung diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi dengan tersangka Bupati Meranti M Adil. Pemeriksaan saksi guna mengetahui adanya korupsi M Adil yang diduga hendak dipakai untuk mencalonkan Gubernur pada 2024.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

"Saksi juga didalami soal pengetahuan motivasi korupsi yang dilakukan oleh MA diantaranya untuk mempersiapkan diri dalam kontestasi pilkada gubernur 2024," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Selasa 30 Mei 2023.

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur

Ali pun menjelaskan Asmar pun diperiksa sebagai saksi guna mengetahui perbuatan M Adil hingga melakukan korupsi dengan memotong fee terkait jasa umrah.

"Antara lain didalami terkait dengan pengetahuan perbuatan tersangka MA selaku bupati memotong uang persediaan dan penerimaan fee proyek," kata dia.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

"Saksi ini juga diminta agar ia mengingatkan semua para ASN Kabupaten Kepulauan Meranti yang terkait perkara ini untuk kooperatif," imbuhnya.

Sebelumnya, Asmar telah rampung menjalani proses pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi yang menjerat Mantan Bupati Meranti, M Adil. Ia pun meminta kepada sejumlah jajarannya untuk kooperatif jika harus diperiksa oleh KPK.

Asmar pun mengaku bahwa dirinya sudah menjelaskan apapun yang diminta oleh penyidik KPK.

"Saya meminta kepada seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) maupun ASN (aparatur sipil negara) yang menjadi saksi dalam kasus Haji Adil wajib atau harus datang sekiranya penyidik KPK menghendaki itu semua," ujar Asmar kepada wartawan di KPK, Senin 29 Mei 2023.

Dalam pemeriksaannya sebagai saksi, Asmar mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui hal apapun soal kasus dugaan praktik pungutan serta fee terkait jasa umrah yang menjerat M Adil.

Ia pun turut mengamini bahwa dirinya juga menemukan kejanggalan di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Namun demikian, dia mengklaim kejanggalan itu telah dibereskan.

"Sementara untuk itu (kejanggalan) jelaslah ada, tapi tetap kita luruskan ke depannya. Insyaallah," ucapnya.

Asmar pun diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus korupsi M Adil. Pemeriksaan berlangsung pada Senin 29 Mei 2023 sekira pukul 09.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya