Trik Nenek Bati Asal Lumajang Bisa Cepat Berangkat Haji: Mendaftar Jemaah di Papua

Bati Juari Wicono, jemaah berusia 70 tahun asal Lumajang embarkasi Ujung Pandang
Sumber :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

VIVA Nasional – Bati Juari Wicono, jemaah haji berusia 70 tahun, tampak bahagia bisa tiba di Madinah. Nenek Bati merupakan jamaah yang terbang ke Madinah untuk melaksanakan ibadah haji lewat Jayapura melalui embarkasi Ujung Pandang.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Tapi uniknya Bati bukan orang asli Jayapura melainkan asal Lumajang, Jawa Timur. Dengan demikian, Ia menggunakan kuota jemaah haji Papua. 

Saat ditemui di Bandara International Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi, Selasa, 30 Mei 2023, Nenek dengan empat anak ini bercerita bahwa dia menunggu 10 tahun untuk bisa berangkat ke Tanah Suci. 

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

"Saya didaftarkan anak saya yang tinggal di Wamena lewat Jayapura. Karena di Jawa Timur teman-teman saya harus menunggu selama 20 tahun" katanya. 

Bati Juari Wicono, jemaah berusia 70 tahun asal Lumajang embarkasi Ujung Pandang

Photo :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023
Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Dia bercerita pernah bekerja menjadi TKI di Malaysia selama 3 tahun, sehingga bepergian jauh adalah hal yang biasa. Ia pun mengaku empat bulan sebelum keberangkatan sudah berada di Wamena untuk menyelesaikan segala persiapan pemberangkatan haji. 

Bati juga bercerita bahwa  "Sebelum berangkat, saya sudah 4 bulan di Wamena untuk vaksin, rontgen dan lain lain, Alhamdillah saya bisa berangkat haji dan tiba di sini," katanya. 

Bati sempat bercerita, tahun lalu dia seharusnya diberangkatkan ke Tanah Suci, namun karena pembatasan usia akibat pandemi, keberangkatannya ke Tanah Suci baru terlaksana tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya