Serba Internet Harus Melek Digital Marketing, Ahli Sebut Bisa Jadi Ladang Cuan

Webinar literasi digital yang diadakan Kemenkominfo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Memasuki era yang serba digital, penting bagi masyarakat untuk mengetahui potensi pasar dengan mempelajari digital marketing. Menurut para ahli di dunia digital, para pengguna internet seharusnya dapat memahami mengenai digital marketing, dan algoritma digital, sehingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan penjualan. 

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

Dosen dan Digital Enthusiast M Adhi Prasnowo menyampaikan bahwa kita harus tahu, cakap, dan paham akan perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam mengakses dunia digital. 

"Sehingga kita mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama," ujarnya saat webinar dengan tema "Raih Potensi Pasar di Era Digital dengan Digital Marketing", pada Senin, 29 Mei 2023. 

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

Transaksi perbankan digital melalui SuperApps BRImo

Photo :
  • Humas BRI

Webinar ini mendorong Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, yang merupakan hasil kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Aplikasi Ini Bikin 'Happy'

Adhi menambahkan, bahwa hampir setiap orang sudah terkoneksi dengan dunia digital dan internet dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Oleh sebab itu, perlu dipahami bahwa dalam dunia digital marketing akan selalu berkaitan dengan algoritma. 

"Algoritma sendiri sangat membantu para penjual dalam memahami karakteristik dari calon konsumen produk mereka, the right costumer is on the right product," ucapnya. 

Dia juga memberikan beberapa langkah mendasar seperti temukan produk dengan menggunakan fitur filter, pilih produk yang diinginkan dari hasil pencarian, gunakan fitur chat untuk berkomunikasi antara pembeli dan penjual, dan beberapa fitur lainnya yang menarik pada lokapasar, agar tidak keliru saat bertransaksi. 

"Sebagai pengguna ruang digital, diharapakan dapat mampu memahami secara menyeluruh mengenai fitur yang ditawarkan pada ruang digital, mengoptimalkan penggunaan perangkat digital serta transaksi digital dengan lebih baik kita bisa terhindar dari kegiatan terkait yang nantinya akan merugikan," ucapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Hellen Citra Dewi selaku Senior Trainer SEJIWA/Psikolog menghimbau pentingnya pemahaman masyarakat terkait keamanan digital. Menurutnya, perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi lebih mudah serta praktis dalam beraktivitas, dianggap berisiko tinggi dalam melakukan aktivitas keuangan digital. 

"Ruang lingkup yang dimaksud keamanan dengan tanggung jawab, integritas dan ketersediaan dalam upaya menjaga identitas diri didunia digital agar terhindar dari risiko kejahatan cyber," kata Hellen. 

"Jangan merespons panggilan dan pesen yang meminta data pribadi atau PIN, instal aplikasi di tempat resmi. Tidak ada 100 persen yang aman di dunia digital yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risiko sedapat mungkin,” katanya.

Sementara itu, TV host Ni Putu Dwi Verayanti Utami menyampaikan bahwa “small changes can make big difference”. Ketika berbicara tentang topik ini, kita akan bagi menjadi potensi pasar atau kira-kira peluang yg bisa kita manfaatkan di era digital ini. 

"Selain itu juga akan ada digitalisasi serta ada digital marketing. Bagaimana peluang pasarnya di seluruh Indonesia yg bisa kita kembangkan dengan digitalisasi ini," terangnya.

Menurutnya, digitalisasi merupakan perubahan teknologi dari yang analog atau konvensional menjadi teknologi yang bersifat digital yang lebih modern, seperti contohnya bisa memiliki toko tanpa membuka toko secara fisik, tapi bisa langsung membukanya secara online saja. Lalu bisa mendapatkan costumer, serta bisa meningkatkan penjualan dan omset tapi dengan syarat harus tahu bagaimana strateginya. 

"Ada 3 poin utama pada usaha di era digital yaitu yang pertama digitalisasi, kolaborasi, teknik komunikasi. Yang kedua adalah batasan – batasan dalam membuat konten dalam dunia digital marketing dan yang ketiga adalah hak cipta dan kekayaan intelektual," ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses website literasidigital.id atau akun media sosial @literasidigitalkominfo (Instagram, Facebook & Youtube).

Diketahui berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital masyarakat indonesia Sejak tahun 2021-2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan literasi digital kepada 20.141.097 orang.

Di tahun 2023 juga menargetkan 5.500.000 orang mengikuti kegiatan literasi digital pada tahun 2022, hingga tercapai 50 juta orang yang mengikuti literasi di bidang digital pada tahun 2024.

Webinar ini sebagai bentuk peran aktif Kominfo dalam membantu meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat indonesia dalam meningkatkan kesadaran untuk memahami kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan dengan tepat agar tetap efektif sehingga kehidupan sosial dan budaya masyarakat cenderung rukun dan kondusif.

Kegiatan webinar ini diawali dengan video sambutan Semuel A. Pangerapan selaku Dirjen Aptika Kominfo serta pemutaran video 4 pilar Literasi Digital, yaitu (Kecakapan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital) dilanjutkan dengan paparan materi Narasumber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya