5 Jenderal Bintang 3 Polri yang Berpeluang Jadi Wakapolri Gantikan Komjen Gatot

Komjen. Pol. Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si.
Sumber :

VIVA Nasional – Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono akan memasuki masa pensiun pada bulan ini, Juni 2023. Sejumlah nama Jenderal bintang 3 Polri pun berpeluang menggantikan kursi orang kedua di institusi Polri itu. Namun belum diketahui siapa yang akan berjodoh mengemban tugas menjadi Wakil Kapolri itu.

Komjen Fadil Imran Sebut Polri Sudah Susun Rencana Pengamanan terkait Sengketa Pemilu 2024

Sebelumnya, Komisioner Kompolnas RI, Poengky Indarti mengatakan calon Wakapolri pengganti Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono merupakan kewenangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). 

"Itu kewenangan Kapolri dan Wanjakti. Nanti kalau sudah waktunya kan diumumkan. Akhir Juni masih lama," kata Poengky saat dikonfirmasi wartawan pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Hampir 5 Ribu Aparat Gabungan Bakal Amankan Pengumuman Hasil Pemilu

Dari catatan VIVA, Kamis, 1 Juni 2023, ada 5 nama Jenderal bintang 3 Polri yang disebut-sebut berpeluang menjadi Wakapolri. Para Jenderal tersebut diketahui yang masih lama masa pensiunnya, di antaranya:

Komjen Ahmad Dofiri

Jelang Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 Polri Jelaskan Situasi Keamanannya

Komjen Ahmad Dofiri

Photo :
  • ANTARA

Ahmad Dofiri yang lahir pada 4 Juni 1964 merupakan seorang perwira tinggi yang menjabat sebagai Irwasum. Ahmad Dofiri merupakan lulusan terbaik Akpol Angkatan 1989. Selain itu juga ia berpengalaman di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). 

Jabatan Terakhir jenderal bintang tiga tersebut adalah Kabaintelkam. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat. 

Dofiri pernah mendapatkan penghargaan Penerima bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik. Kemudian, Pria yang lahir di Indramayu tersebut melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Setelah lulus dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Dofiri pertama kali memegang jabatan di kepolisian sebagai Kanit Resintel Polsek Tangerang Polda Metro Jaya pada 1990. Berbagai jabatan tinggi di kepolisian pernah dipegang, seperti menjadi Kapolda Banten, Kapolda Jawa Barat, Kabaintelkam dan sekarang Irwasum Polri.

Komjen Agus Andrianto

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Agus Andrianto merupakan seorang pejabat tinggi Polri yang kini mengembang jabatan Kabareskrim. Agus diketahui lahir pada 16 Februari 1967. Agus merupakan lulusan Akpol 1989.

Agus berpengalaman dalam bidang reserse. Kasus-kasus besar pernah dia ungkap mulai dari pembunuhan berencana Brigadir J yang melibatkan Ferdy Sambo hingga kasus Indosurya. Sebelum menjabat Kabareskrim, Agus ditunjuk sebagai Kabaharkam, Agus juga pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Komjen Purwadi Arianto

Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto

Photo :
  • Lemhanas

Purwadi Arianto kini didapuk menjadi Kalemdiklat Polri. Pria kelahiran 2 Oktober 1966 pernah berdinas di seumlah jabatan penting. Purwadi yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. 

Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

Komjen Wahyu Widada

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Wahyu Widada.

Photo :
  • Dok. Polri.

Wahyu Widada yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam turut masuk dalam bursa calon Wakapolri. Pria kelahiran 11 September 1969 diketahui lulusan berbaik Akpol angkatan 1991.

Wahyu mengawali karirnya di satuan Polairud. Sebelum promosi, jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Asisten SDM Kapolri.

Wahyu merupakan salah satu komisi etik yang memutuskan pemecatan Teddy Minahasa dikasus narkoba.

Komjen Fadil Imran

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran

Photo :
  • Instagram @kabaharkam

Mohammad Fadil Imran atau biasa dikenal F1 ini menjabat sebagai Kabaharkam Polri. Pria kelahiran 14 Agustus 1968 merupakan Akpol lulusan 1991 seangkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Jabatan terakhir Fadil sebelum menjadi Kabaharkam adalah Kapolda Metro Jaya. Selama menjadi Kapolda, sejumlah kasus besar yang menjadi perhatian publik, mulai dari Habib Rizieq, pembunuhan berantai Wowon Cs hingga Mario Dandy berhasil diungkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya