KPK Duga Rafael Alun Cuci Uang Sekitar Rp 100 Miliar

Rafael Alun Trisambodo, Diperiksa KPK Usai Ditetapkan Jadi Tersangka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga sekitar Rp 100 Miliar pencucian uang yang dilakukan tersangka Rafael Alun Trisambodo. Namun jumlah itu kemungkinan bertambah seiring penyidikan yang masih berjalan. 

Mau Beli Innova Zenix Hybrid, Segini Pajak Tahunannya

“Kira-kira mendekati 100 M,” kata Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur dikonfirmasi awak media, Kamis, 1 Juni 2023. 

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Asep menuturkan jumlah saat ini termasuk sudah dengan aset properti Rafael Alun yang diduga hasil pencucian uang. Aset yang dimaksud Asep meliputi rumah, indekos, mobil dan motor mewah yang sudah disita KPK. 

"Kami masih melakukan penelusuran. Jadi masih ada kemungkinan bertambah," kata Asep.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

Diketahui, selain kasus Gratifikasi, mantan pejabat pajak Rafael Alun juga dijerat pasal pencucian. Dia diduga menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak yang bermasalah dengan perpajakannya. Pada kasus gratifikasi, diduga ayah Mario Dandy itu menerima hingga USD 90 ribu atau sekitar Rp 1.347.804.000 dari para wajib pajak. 

Rafael Alun ditetapkan sebagai tersangka TPPU lantaran diduga telah mengalihkan hingga menyamarkan harta miliknya yang dihasilkan dari tindak pidana korupsi.

"Diduga kuat ada kepemilikan aset-aset Tersangka RAT yang ada tautan dengan dugaan TPPU di antaranya dengan menempatkan, mengalihkan, membelanjakan sekaligus menyembunyikan hingga menyamarkan asal usul harta miliknya yang diduga bersumber dari korupsi," kata Ali.

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan bahwa Rafael Alun diduga telah menerima uang Rp 90 ribu dollar Amerika Serikat melalui kantor konsultan pajak milik pribadinya. Adapun kantor konsultan pajak Rafael Alun bernama PT Artha Mega Ekadhana (AME).

"Sebagai bukti permulaan awal, tim penyidik menemukan adanya aliran dana uang gratifikasi yang diterima RAT berjumlah sekitar Rp 90 ribu dollar yang penerimaannya melalui PT AME," ujar Firli saat konferensi pers Senin 3 April 2023.

Kemudian, Firli menegaskan bahwa permulaan Rafael Alun diduga menerima gratifikasi dengan memanfaatkan jabatannya ketika menjadi salah satu penyidik perihal urusan pajak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya