Ratusan Warga Antusias Ikut Nobar 'Menolak Lupa' Piala Dunia U20

Suporter bola gelar nobar 'Menolak Lupa' Piala Dunia U20
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Ratusan suporter menghadiri kegiatan nonton bareng (nobar) Piala Dunia U-20 bertajuk ‘Menolak Lupa Piala Dunia U-20 2023’ antara Brasil melawan Tunisia yang difasilitasi Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) di Plaza Gedung Joang 45 Jalan Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis dini hari.

Viral Video Jersey Fan Man City Dirobek saat Nobar Lawan Real Madrid, Begini Klarifikasi Korban

Pengamat Sepak Bola Nasional Akmal Marhali tidak menyangka antusiasme masyarakat untuk menyaksikan Piala Dunia U-20 masih sangat tinggi, meskipun Indonesia telah gagal menjadi tuan rumah dan tidak ikut berlaga dalam pertandingan tersebut.

"Ini kita lihat bagaimana suporter sepak bola Indonesia kita begitu mendambakan kita menjadi tuan rumah Piala Dunia, ketika kita sudah gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia pindah ke Argentina masyarakat sepak bola kita masih kemudian berbondong-bondong untuk melakukan nonton bareng Piala Dunia U-20," ujar Akmal.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Aksi 1.000 lilin di Menteng, akibat gagalya Piala Dunia U-20 di Indonesia

Photo :
  • Dok. Istimewa

“Ini menggambarkan betapa rakyat Indonesia, masyarakat Indonesia mencintai sepak bola yang sangat mendambakan Piala Dunia U-20 bisa digelar di Indonesia, tapi kan semua nasi sudah menjadi bubur,” imbuh Akmal.

AFF dan Shopee Hadirkan Shopee Cup Asean Club Championship Turnamen Antar Klub Elit Se-Asia Tenggara

Akmal yang juga Koordinator Save Our Soccer (SOS) itu mengatakan acara ini perlu diapresiasi, pasalnya kegiatan aksi menolak lupa ini sebagai pengingat bahwa gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 akibat dampak politisasi dalam sepak bola dan itu agar tidak sampai terulang kembali.

“Kita menolak lupa bukan garena gagal move on, tapi bagaimana caranya agar bisa merawat ingatan publik terhadap dampak dari politisasi sepak bola sehingga Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, hal itu dimaksudkan demi kemajuan sepakbola di masa depan," jelasnya

Karena itu, Akmal berharap berharap ke depan hal-hal semacam ini tidak lagi terjadi. "Menolak lupa jangan sampai kemudian kita melupakan tragedi buruk di bangsa kita, kita mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia, kita pula yang membatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia,” sesalnya.

Akmal mengatakan, gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia disebabkan oleh intervensi politik, oleh sebab itu ia mendorong agar sebaiknya ke depan urusan sepak bola tidak elok jika dicampur adukan dengan kepentingan politik.

“Ke depan kita juga berharap jangan lagi kemudian kepentingan politik praktis dibenturkan dengan masa depan sepak bola, masyarakat pecinta sepak bola Indonesia hanya ingin bermain dan menonton sepak bola,” paparnya.

“Karena itu berikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati sistemnya, untuk menikmati kegemarannya menyaksikan sepak bola,” sambungnya.

Lebih lanjut Akmal menyampaikan dengan dipisahkannya urusan sepak bola dan politik bukan berarti melarang para politisi untuk ikut berpartisipasi, melainkan seyogyanya kontribusi dari para elit politik atau pemangku jabatan itu terwujud dalam mendukung prestasi serta kemajuan sepak bola tanah air.

Akmal berharap suatu saat Indonesia masih memiliki kesempatan lagi menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Dunia terutama kesempatan untuk ikut bidding Piala Dunia U-16 pada November mendatang.

Dikatakan Akmal, jika hal itu kembali diraih Indonesia tentu itu merupakan sejarah dan kebanggaan besar bagi masyarakat dan pecinta sepak bola tanah air, sekaligus pengobat kekecewaan di Piala Dunia U-20.

“Karena itu kita berharap pengurus PSSI yang ada saat ini setelah gagal menjadi tuan rumah piala dunia kita berharap masih bisa untuk melakukan pendekatan kepada FIFA setidaknya kita punya kesempatan untuk bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia U-16 yang akan digelar bulan November,” ungkapnya.

“Barang kali ini bisa dilakukan dan ini akan menjadi pengobat kekecewaan masyarakat terhadap batalnya Piala Dunia U-20 yang batal di gelar di Indonesia,” tukas Akmal.

Demo tolak Israel di Piala Dunia U-20 2023

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Sementara itu, Ketua Umum PB FAPSI, Amsori Bahruddin Syah mengatakan, kegiatan nobar ini dilakukan untuk memfasilitasi para penggemar sepak bola Indonesia yang ingin menyaksikan kemeriahan Piala Dunia U-20. 

"Tema menolak lupa ini sebenarnya reaksi spontanitas para suporter saja, bahwa mereka tidak mau menyembunyikan rasa kecewanya. Itu saja, memang susah kalau sudah menyangkut bola, mendidih darah nasionalisme kita," tambahnya.

Amsori melihat animo masyarakat terhadap gelaran Piala Dunia U-20 sangat besar. Hal itu tercermin dari banyaknya penggemar sepak bola di Indonesia yang tidak ingin melewatkan kesempatan emas tampil bersama pemain timnas kelas dunia. 

Selain itu, Amsori juga menyaksikan langsung usulan dan keinginan dari para suporter untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-20, walaupun timnas kebanggaannya tidak tampil. Meskipun harus menonton bareng hingga dini hari. 

"Ya mungkin rasa kecewa itu dalam sekali, makanya kita bisa saksikan ratusan suporter yang hadir di sini, mereka rela mengorbankan rasa lelah dan ngantuknya, agar bisa merasakan kemeriahan Piala Dunia U-20, walaupun mereka sadar tidak ada Indonesia di sana," ungkap Amsori.

Dikatakan Akademisi Universitas Nasional (Unas), saat ini sebenarnya momentum yang tepat bagi kebangkitan sepak bola Indonesia karena mulai tumbuhnya rasa percaya diri, mental dan nyali para pemain timnas. Jika Piala Dunia U-20 tetap tampil di Indonesia, kata Amsori, bisa jadi sepak bola Indonesia hadir sebagai kekuatan baru di Asia. 

"Ya, kita hanya bisa berandai. Sepak bola kita lagi bagus-bagusnya, mental dan nyali lagi tumbuh. Itu yang disayangkan, kenapa sampai gagal. Mungkin itu juga yang membuat para pecinta sepakbola menyimpan luka dalam," ucap Amsori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya