Peringati Harlah Pancasila, Ganjar Ajak Kades Perjuangkan Kemakmuran Rakyat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memperingati Hari Lahir Pancasila di Alun-Alun Pancasila, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis, 1 Juni 2023.

Hotman Paris Sindir Kubu Amin dan Ganjar: Jangan Nangis Kalau Kalah

Dalam amanatnya, Ganjar yang menjadi inspektur pada upacara bertajuk ‘Goyong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’, mengajak ratusan kepala desa (kades) yang hadir untuk bersama-sama memperjuangkan kemakmuran rakyat.

"Kepada seluruh kepala desa yang hadir, ayo gali sejarah desa agar jadi pintu masuk kemakmuran untuk semua. Libatkan para tetua dan pemuda. Undang perguruan tinggi, minta bantuan sama kabupaten atau provinsi," kata Ganjar dalam sambutannya.

Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02

Menurut Ganjar, hal itu hendaknya dilakukan dengan gotong-royong karena itulah spirit hidup bernegara Indonesia. Terlebih lagi desa wisata terus dibangun dan memunculkan optimisme warga menuju kemakmuran.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

“Jadi orang-orang desa tidak perlu lagi merantau untuk mencari nafkah karena di kampung halaman, rezekinya sudah melimpah," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meresmikan Alun-Alun Pancasila. Ganjar berharap Alun-alun Pancasila ini dapat menjadi pengingat seluruh masyarakat tentang dasar negara Indonesia.

“Ya kita punya dasar kuat yang namanya pancasila dan kita akan gotong royong untuk menyelesaikan persoalan yang ada sehingga terasa ringan,” imbuh Ganjar.

Alun-alun Pancasila dilengkapi dengan patung Garuda megah berukuran 10 x 11 meter yang menghadap Gunung Merapi yang terbuat dari tembaga dan kuningan kerajinan Desa Tumang. 

Sebelah kanan patung garuda juga dilengkapi dengan aksen lambang sila pertama hingga kelima dan sebelah kiri aksen tulisan sila pertama hingga kelima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya